Tak Berkategori  

30 Calhaj Sawahlunto Berangkat ke Baitullah

Sebanyak 30 calon haji Sawahlunto berangkat ke Baitullah tahun ini. Mereka bersama Walikota Deri Asta usai dilepas secara seremonial di Masjid Agung Nurul Islam.(armadison)

SAWAHLUNTO – Sebanyak 30 calon haji (calhaj) Sawahlunto berangkat ke Baitullah di 2022 ini. Mereka calon haji reguler 2020 yang tertunda berangkat karena pandemi coronavirus disease atau covid19.

“Calon haji kita dari Sawahlunto akan berangkat ke Baitullah melalui embarkasi Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Medinah, Senin, 6 Juni ini,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sawahlunto, Dedi Wandra kepada Singgalang, Jumat (3/6).

Dikatakannya, dari 30 calon haji yang berangkat, ada 4 calhaj masuk dalam daftar cadangan. Calon haji yang 30 orang ini berada di kelompok terbang (kloter) 3. Calhaj Sawahlunto berada di kloter 3 bersama calon haji dari Kabupaten Sijunjung, Agam, 50 Kota, Solok Selatan dan Mentawai.

Lebih jauh dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama, jumlah semua calon haji diharapkan bisa berangkat tahun ini 36 orang, termasuk berada di daftar cadangan. Kalau semua calon ini bisa berangkat, maka masih ada 27 calhaj 2020 untuk diberangkatkan di musim haji 2023 mendatang, ditambah calon haji 2021, sesuai dengan kuota nantinya.

“Sejak awal calon haji ini sudah divaksin meningitis dan covid19. Begitu pula, manasik juga dilakukan sepanjang tahun, sebagai bagian dari persiapan,” ujar Dedi Wandra.(201)