Tak Berkategori  

31 Area di Sumbar Ini Belum Tersentuh Sinyal Ponsel, Ini Reaksi Pemprov

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Sebanyak 31 area di tiga daerah tertinggal di Sumbar belum tersentuh sinyal handphone. Pemprov Sumbar mengupayakan daerah tersebut dapat dibantu Kementerian Komunikasi dan Informasi agar bisa diakses sinyal.

Area tersebut berada pada wilayah tertinggal terdepan dan terluar (3t) di Sumbar. Sebanyak 31 area blank spot dimaksud tersebar di sejumlah kecamatan. Terbanyak di Kabupaten Kepulauan Mentawai 22 area, disusul Kabupaten Solok Selatan 7 area, dan Kabupaten Pasaman Barat 12 area.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumbar, Yeflin Luandri mengatakan, telah mengusulkan pada Kementerian Kominfo untuk meminta bantuan penanganan, seperti pendirian tower penguat sinyal.

“Pos dan telekomunikasi itu urusan pusat, sehingga kami hanya bisa mendata dan mengusulkan. Tindak lanjut dari Kementerian Kominfo,” ungkapnya, Minggu (9/7).

Dijelaskannya, blank spot area dimaksud tidak hanya disebabkan tidak adanya tower penguat saja, melainkan juga diperberat dengan kendala lain, yakni penyediaan pasokan listrik dan infrastruktur. Kendati demikian, berdasar arahan dari Kementerian Kominfo, masalah blank spot di wilayah 3t diupayakan tuntas selambat-lambatnya tahun 2018.

“Selama ini, tower penguat belum dipasang disana karena kendala listrik untuk operasional. Belum lagi transportasi untuk menuju lokasi. Tapi ada program pemasangan tower kesana di tahun 2017 dan 2018,” paparnya. (aci)