Tak Berkategori  

382 Masjid di Padang Dapat Layanan Gratis Naik Daya

PADANG – PLN UP3 Padang memberikan tambah daya gratis 382 mesjid yang berada di Padang yang diresmikan di Masjid Raya Ganting, Jumat (14/6).

Tambah daya gratis bagi rumah ibadah itu merupakan salah satu program gemerlap lebaran 2019. Naik daya gratis ini merupakan salah satu dari beberapa program yang diluncurkan PLN selama bulan Ramadan 14410 H.

General Managar PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto menyatakan bahwa peresmian program naik daya gratis ini sengaja dilaksanakan di Mesjid Raya Ganting, Padang karena mesjid ini merupakan mesjid tertua keberadaannya di Kota Padang dan telah menjadi cagar budaya.

“Mesjid Raya Ganting adalah mesjid tertua di Kota Padang. Dengan dibangun pada tahun 1805, kami sengaja meresmikan program mesjid naik daya gratis ini diresmikan di mesjid tertua ini. Dan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi PLN dapat meresmikan program ini di Mesjid Raya Ganting ini,” ucapnya.

Bambang menjelaskan juga bahwa, program naik daya ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Juni 2019. Dan menghimbau agar mesjid-mesjid yang belum mendaftar segera mendaftarkan di call center 123.

“Sebelum program ini di resmikan, kami telah melaksanakan penambahan daya di 120 mesjid yang berada di Kota Padang. Kekurangannya kami menyegerakan selesai pada tanggal 31 Juni 2019. Oleh karena itu, kami menghimbau agar pengurus mesjid menyegerakan mendaftankan mesjidnya untuk naik daya,” tukasnya.

Dia menjelaskan, tambah daya bagi 382 masjid ini baru tahap awal. Masih banyak lagi masjid yang akan dilakukan tambah daya ini.

“Tak hanya masjid, tapi juga rumah ibadah lainnya seperti gereja, wihara dan lainnya. Silahkan hubungi kantor layanan PLN terdekat,” katanya.

Perwaklan kanwil Departemen Agama Sumatera Barat, Edison dalam sambutannya sangat mengapresiasikan usaha yang dilakukan PLN dalam menaikan daya listrik di berbagai rumah ibadah di Sumatera Barat.

“Kami telah menginformasikan tentang gratis naik daya ini keberbagai pengurus-pengurus mesjid yang ada di Kota Padang. Dengan naik daya gratis yang dilaksanakan oleh PLN, masyarakat akan semakin nyaman beribadah di berbagai mesjid-mesjid di Kota Padang,” tukasnya.

Plt Kadis PUPR Yenni yuliza dalam sambutannya sangat mendukung program-program yang dilaksanakan PLN. Menurutnya, program tambah daya secara gratis yang dilaksanakan PLN sangat mendukung program visi misi Pemko Padang dalam pengembangan rumah ibadah di Kota Padang.

Selain menaikan daya Mesjid Raya Ganting dari 10.000 VA menjadi 16.500 VA, PLN juga memberikan bantuan sembako kepada dhuafa yang berada di sekitar mesjid, juga memberikan bantuan dua buah AC untuk dapat dimanfaatkan oleh pengurus mesjid Raya Ganting, Padang. (bambang)