Tak Berkategori  

4.440 Vaksin Sinovac akan Tiba di Bukittinggi Besok

Vaksin.(ist)

Bukittinggi, Singgalang – Menurut jadwal, vaksin sinovac akan tiba di Kota Bukittinggi Rabu, (27/01). Vaksin sinonac sebanyak 4.440 akan diterima secara langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi. Selanjutnya, akan segara didistribusikan kepada pejabat dan tenaga kesehatan Bukittinggi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi melalui Sekretarisnya dr. Vera Mayasari,Sp.DLP kepada wartawan, Selasa (26/1). Menurutnya, Pemko melalui DKK Bukittinggi telah mempersiapkan penerimaan vaksin tersebut dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Untuk tahap awal, jelas Vera, akan didistribusikan kepada 10 orang pejabat dan selebihnya untuk tenaga kesehatan. Penyuntikan vaksin kepada pejabat dan Nakes itu akan dipusatkan di RSUD Bukittinggi jalan By Pass Gulai Bancah pada awal Februari 2021.

Untuk tenaga vaksinatornya, berasal dari tenaga kesehatan yang sudah terbiasa melakukan penyuntikan. Mereka juga sudah mengikuti pelatihan sebelumnya.

“Untuk membantu pembentukan imun dalam tubuh, vaksin ini harus dilakukan sebanyak dua kali, sesuai dengan jumlah vaksin yang diperoleh Kota Bukittinggi untuk tahap ini dilakukan penyuktikan sebanyak 2.220 orang. Teknisnya, dilakukan penyuntikan untuk pejabat dan selanjutnya diikuti oleh tenaga kesehatan. Vaksin kedua akan dilakukan dua minggu setelah vaksin pertama,” sebut Vera. Ia optimis vaksinasi mendapat sambutan positif dari warga untuk memutus penyebaran covid 19. (as)