Tak Berkategori  

4 Ekor Harimau Dilaporkan Berkeliaran di Kambang, Ini Reaksi BKSDA

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PAINAN – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat memastikan ada harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) memangsa dua ekor anjing di Nagari (Desa) Kambang Timur, Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kami masih menunggu kepastian dari petugas BKSDA yang ada di Kota Painan. Kalau informasinya pasti kami akan langsung turun ke lapangan untuk memasang perangkap,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Sumbar, Surajiya, Minggu (24/7).

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihaknya mengimbau warga terutama peladang di Kambang Timur untuk meningkatkan kewaspadaan. “Kalau bisa pada saat berladang tidak sendiri dan menjelang malam diupayakan sudah di rumah,” katanya.

Sebelumnya, Wali Nagari (Kepala Desa) Kambang Timur Sondri mengatakan dari laporan warga diketahui bahwa mereka menyaksikan langsung kedua anjing dimangsa oleh harimau.

“Memang tidak sekaligus kedua anjing dimangsa namun ada jeda beberapa hari, kejadian itu terjadi dalam sebulan terakhir,” ungkapnya.

Dari informasi itu juga diketahui harimau tidak hanya seekor namun ada empat ekor yang berkeliaran di lokasi perladangan warga. “Hal itu dikuatkan karena dalam sehari ada empat orang yang melihat harimau dalam waktu hampir bersamaan, makanya kami simpulkan bahwa harimau ada empat ekor” kata dia.

Ia berharap ada upaya-upaya yang dilakukan oleh instansi terkait secepatnya agar warganya aman dari harimau, begitu juga sebaliknya harimau juga aman.(aci)

sumber:antara