Tak Berkategori  

4 Titik Api Terpantau di Perkebunan Kelapa Sawit di Solok Selatan

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG ARO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan menyatakan, sebanyak empat titik api terpantau di wilayah perkebunan kelapa sawit daerah itu dengan potensi meluas.

“Berdasarkan hasil pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ada empat titik api di Solok Selatan yang cukup besar dan semuanya berada di lokasi perkebunan kelapa sawit,” kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Solok Selatan Dalwison.

Sedangkan untuk titik api yang berskala kecil, cukup banyak termasuk pembakaran sampah rumah tangga.

Pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada walinagari supaya sampah rumah tangga tidak dibakar untuk mengurangi asap yang beredar di udara bebas.

“Dengan kondisi kabut asap yang semakin pekat maka kita juga harus membantu menguranginya dengan tidak membakar sampah rumah tangga,” katanya.

Menurut dia, pembakaran sampah rumah tangga memang terlihat kecil tetapi jika semua warga membakarnya maka jumlahnya bisa setara pembakaran hutan.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Sumbar, kondisi udara di Kabupaten Solok Selatan telah melebihi ambang baku mutu. (*/aci)

sumber:antara