Tak Berkategori  

45 Persen Pasien Corona di Padang Dinyatakan Sembuh

PADANG – Angka sembuh pasien positif corona di Kota Padang terus meningkat, mencapai 45 persen. Hingga Rabu (3/6) sore, sudah 177 orang pasien positif corona yang sembuh dari 395 yang positif.

Dari jumlah itu, 65 orang merupakan pasien yang dirawat di RSUD dr. Rasidin Padang, dari total 85 pasien yang dirawat di rumah sakit itu.

Khusus di RSUD dr. Rasidin Padang, selain terapi medis dan olahraga, penanganan terhadap pasien positif corona juga dilakukan secara terapi spritual, dengan melakukan zikir, shalat berjamaah, dan murottal quran dengan tim rohanian yang sudah disiapkan.

“Pendekatan kerohanian untuk langkah terapi kepada pasien positif covid dengan sentuhan dan ilmu kejiwaan agar tidak menimbulkan kejenuhan, kerisauan dan beban pikiran bagi pasien yang dirawat. Tausiyah yang kami berikan tersebut sangat efektif dan bermanfaat bagi pasien itu sendiri. Terbukti dari 113 orang yang kita rawat sejak awal sudah sembuh sebanyak 65 orang,” sebut dr. Herlin Sridiani, Dirut RSUD dr. Rasidin Padang.

Penambahan 9 Orang

Sementara itu, penambahan pasien positif corona per tanggal 4 Juni 2020 di Kota Padang sebanyak 9 orang. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang, Feri Mulyani Hamid, data Rabu sore, sebanyak 22 orang pasien positif dinyatakan sembuh. Terdiri dari karantina Kemenag 13 orang, karantina Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) 8 orang, dan yang dirawat di Semen Padang Hospital (SPH) 1 orang.

“Kita berharap ke depannya yang positif akan berkurang dan yang sembuh semakin banyak sehingga pasien
yang positif ini bisa kembali hidup normal di tengah-tengah masyarakat dan jangan sampai dikucilkan dalam pergaulan sehari-hari,” harapnya.

Wali Kota Padang H.Mahyeldi sangat juga gembira dengan sembuhnya 22 pasien yang selama ini positif di Kota Padang. Khusus untuk RSUD dr. Rasidin, menurutnya, tidak hanya pasien yang dari Padang saja, tapi juga
melayani pasien dari luar daerah.

Di RSUD saat ini ada pasien luar daerah yang dirawat seperti pasien dari Kabupaten 50 Kota, Agam, Sijunjung, Pesisir Selatan yang sembuh dan sudah kembali ke daerah masing-masing. Kecuali ada pasien dari Sijunjung masih dirawat hingga saat ini. Mahyeldi mengajak masyarakat untuk tetap memenuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mematuhi imbauan dari Pemerintah mengenai protokol kesehatan. (syawaldi)