Tak Berkategori  

5 Rumah, 11 Mesin Timpek dan Satu Motor Terbakar

Kebakaran rumah warga (afrizal)

SOLOK SELATAN – Musibah kembali melanda warga Nagari Lubuk Ulang Aling. Setelah bencana banjir, kali ini sijago merah pula yang telah meluluhlantakan lima unit rumah warga Jorong Kampung Baru, Pulau Panjang, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamtan Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Minggu (5/1).

Walinagari Lubuk Ulang Aling, Jul Hendri menjelaskan, kebakaran lima rumah kayu yang didiami 4 kepala keluarga (satu rumah kosong) itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. KSelain rumah yang terbakar, juga ada sekitar 11 unit mesin timpek dan satu sepeda motor yang terbakar. Kerugian sementara diperkirakan mencapai Rp700 juta.

Terkait kejadian, pihaknya telah melaporkan pada pihak Pemkab Solsel melalui Dinas Sosial, dan BPBD via telpon seluler. Saat ini pihaknya bersama dengan unsur kepolisian tengah mendata kerugian dan segera akan dilaporkan secara tertulis.

“Rumah-rumah kayu yang terbakar tersebut berada di dekat pinggiran atang Hari. Semuanya ludes terbakar. Api menghanguskannya begitu cepat, hanya dalam waktu 15-30 menit,” ujar Jul Hendri

Terbakarnya 11 unit mesin tempek, karena perahu-perahu yang biasanya beroperasi di dermaga untuk usaha warga setempat tidak bisa beroperasi. Pasalnya, Batang Hari masih deras dan besar. Maka mesin-mesin untuk perahu timbek tersebut disimpan dalam rumah agar tidak hanyut. (af)