Tak Berkategori  

6 Bulan Sebelum Habis, Segera Ganti Paspor

Ilustrasi (net)
Ilustrasi (net)

PADANG – Mendadak diutus ke luar negeri, sayangnya masa berlaku paspor 
tinggal seminggu ataupun sebulan lagi. Akhirnya, batal. Tentu, kondisi tersebut pernah dialami siapapun.

Solusinya cuma satu, segera ganti paspor, enam bulan sebelum habis masa berlakunya. Kemanapun negara tujuan Anda, dipastikan tidak boleh masuk ke negara tersebut.

“Itu merupakan ketentuan dan peraturan yang berlaku di seluruh dunia. Untuk itulah segera cek paspor Anda. Jikalau enam bulan  lagi masa tenggangnya, melapor ke imigrasi dan ganti paspor Anda,” imbau Kasubag Tata Usaha (TU) Imigrasi Kelas I Padang, Harmen kepada Singgalang, Rabu (27/5).

Pastikan paspor Anda minimal masih berlaku enam bulan pada hari keberangkatan. Tidak ada pengecualian, kendati Anda hanya untuk satu hari saja berpergian keluar negeri.

Masa berlaku tersebut, sesuai dengan penjelasan pasal 8 ayat (1) Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 mengenai Keimigrasian.

Jika di luar negeri, paspor adalah ‘nyawa’. Untuk itu, segera perbaharui paspor sebelum enam bulan masa berlaku atau kadarluarsa. Para pemohon paspor hendaknya membawa berkas Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, ijazah dan buku nikah. Kantor Imigrasi Padang sudah buka pada pukul 05.00 WIB.(lenggo)