648 Pelanggar Protokol Kesehatan Terjaring Razia Perda AKB di Solok

×

648 Pelanggar Protokol Kesehatan Terjaring Razia Perda AKB di Solok

Sebarkan artikel ini
Pelaksanaan razia tentang Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Solok. (foto: antara)

SOLOK – Tim gabungan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Kota Solok Sumatera Barat menindak 648 orang dan 10 pelaku usaha di daerah setempat yang melanggar Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang AKB dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Sampai saat ini, kami masih memberikan sanksi sosial. Rata-rata mereka melakukan pelanggaran baru satu kali. Terhadap pelaku usaha, kami masih memberikan sanksi berupa teguran,” kata Kasi Operasional Pol PP Kota Solok Rico Saputra di Solok, Jumat (6/11/2020).

Selain itu, bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker, sanksinya berupa kerja bakti membersihkan fasilitas umum di Kota Solok. Operasi selama ini, menurut Rico, dilakukan dengan pendekatan humanis.

“Intinya, operasi harus memberikan kesadaran pada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Keberhasilan operasi tersebut tidak mesti dilihat dari banyaknya jumlah pelanggar yang terjaring. Namun, sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.