Tak Berkategori  

78 Nagari di Agam Cairkan Dana Desa

Ilustrasi (net)

LUBUK BASUNG – Sebanyak 78 dari 82 nagari (desa adat) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), telah mencairkan dana desa tahap pertama 2015.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPNPM) Kabupaten Agam, Welfizar di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan saat ini dana tersebut berada di rekening nagari dan sudah bisa dikelola sesuai dengan program nagari itu.

“Dana desa tahap pertama cair sebesar 40 persen. Pada pencairan tahap kedua akan cair sebesar 40 persen dan tahap ketiga sebesar 20 persen,” kata Welfizar.

Ia mengatakan tiga nagari lainnya sedang proses pencairan dan dalam waktu dekat sudah masuk ke rekening nagari tersebut, sedangkan Nagari Sianok Nan Suku, Kecamatan Ampek Koto, masih dalam proses pengajuan karena nagari tersebut belum melengkapi persyaratan.

“Proses ini lambat dari nagari dan saya meminta agar segera diselesaikan sehingga dana ditransfer ke rekening nagari itu,” katanya.

Untuk pencairan tahap kedua, setiap nagari menyiapkan laporan pertanggung jawaban dana tahap pertama. Setelah itu, dana akan dicairkan kembali ke rekening nagari.

Ia menambahkan bahwa total dana desa untuk 82 nagari sebanyak Rp24,7 miliar. Dana ini digunakan untuk pembangunan fisik dan nonfisik. (*/lek)

Sumber: antara