Tak Berkategori  

85 Negara Nyatakan Ikut Serta di KTT Asia-Afrika

JAKARTA – Deputi II Staf Kepresidenan Bidang Pengelolaan Program Prioritas Yanuar Nugroho mengungkapkan dari 109 negara yang diundang dalam KTT Asia-Afrika 2015, sebanyak 85 negara sudah menyatakan kehadirannya, dimana ada 25 peserta yang menghadirkan kepala negaranya.
“Data ini belum akurat karena masih akan berkembang dan pihak Kemenlu (Kementerian Luar negeri) yang mengetahui data detailnya,” kata Yanuar saat acara “media breefing” di Kantor Staf Kepresidenan Jakarta, Jumat (20/3).

Dia juga mengatakan kepala negara dari Tiongkok, Jepang dan India diharapkan hadir karena dapat menjadi daya tarik dalam KTT Asia Afrika yang akan di selenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 19-24 April 2015 ini.

Yanuar mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan menyambut para peserta KTT ini pada jamuan makan malam pada 22 April dan memimpin KTT pada 22-22 April 2015.
Presiden juga akan membuka dan menjadi keynote speaker Asia-Africa Business Summit yang diselenggarakan pada 21-22 April 2015.

Jokowi juga akan memimpin peringatan ke-60 KTT Asia-Afrika dan peringatan ke-10 NAASP (New Asian African Strategic Partnership) di Bandung pada 24 April 2015.

Yanuar mengungkapkan tujuan dari diselenggarakan KTT Asia-Afrika ini adalah memperkuat kerja sama South to South (selatan-Selatan) untuk mendorong kerja sama, perdamaian dan kemakmuran dunia. (*/lek)

Sumber: antara