Abrasi Terjang Pantai Tiku V Jorong

Belasan meter pada bibir pantai terjadi abrasi di Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara.(mursyidi)

LUBUK BASUNG – Terjadi abrasi pantai sepanjang 15 meter dari bibir pantai di Jorong Masang dan Muaro Putuih Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung Mutiara.

Sekretaris Nagari Tiku V Jorong Anaswar, Selasa (2/8) menjelaskan, dalam seminggu terakhir terjadi pengikisan pasir pantai di dua jorong tersebut.

“Hal ini dipicu besarnya dorongan ombak ke arah pantai, sehingga pasir daratan terkikis dan ini terus-menerus terjadi, terutama saat hujan badai,” katanya.

Untuk saat ini kondisi pantai masih dikelilingi tanaman pohon sawit dan kelapa, sehingga ombak yang datang menghantam tanaman yang ada.

Meski demikian, peristiwa ini berpotensi akan terus terjadi bencana abrasi pada cuaca ekstrim seperti beberapa hari terakhir.

“Karena itu, kita telah berupaya menyampaikan permasalahan yang dihadapi kepada lembaga terkait, agar masyarakat yang berdiam di kawasan tersebut merasa aman dan nyaman menjalani kehidupan,” katanya.

Diharapkan ke depan hal ini dibutuhkan perhatian semua pihak, terutama dalam pembangunan great water, supaya ratusan warga yang berada berdekatan dengan pantai tersebut tidak terdampak bencana nanti.(mr)