Tak Berkategori  

Ada Korupsi, Pemilihan Presiden FIFA Semestinya Ditunda

FIFA (guim.co.uk)
FIFA (guim.co.uk)

WARSAWA – Pemilihan presiden FIFA semestinya ditunda setelah badan sepak bola dunia itu dihantam dua badai korupsi, kata konfederasi Eropa UEFA, Rabu.

“UEFA meyakini bahwa Kongres FIFA semestinya ditunda dan pemilihan presiden sebaiknya berlangsung enam bulan mendatang,” kata Sekretaris Jenderal UEFA Gianni Infantino, yang berbicara setelah Komite Eksekutif UEFA mengadakan pertemuan luar biasa di Warsawa menjelang final Liga Europa.

Kongres FIFA dimulai pada Kamis dan proses pemungutan suara untuk pemilihan presiden dilangsungkan pada Jumat.

“Hal-hal yang terjadi pada Jumat merupakan bencana bagi FIFA dan menodai citra sepak bola secara keseluruhan,” kata Infantino.

“UEFA sangat terkejut dan sedih karena hal itu. Kejadian-kejadian itu memperlihatkan, sekali lagi, bahwa korupsi sudah mengakar dalam budaya FIFA.”

“Terdapat keperluan bagi keseluruhan FIFA untuk ‘memulai ulang’ dan untuk melakukan reformasi sebenarnya.”

“Kongres FIFA mendatang berisiko berubah ke lelucon dan oleh karena itu asosiasi-asosiasi Eropa akan mempertimbangkan masak-masak jika mereka bahkan menghadiri Kongres ini dan mencermati sistem, yang, jika tidak dihentikan, tentu saja akan membunuh sepak bola,” tambah ofisial kelahiran Swiss berusia 45 tahun itu.
Asosiasi-asosiasi UEFA akan bertemu di Zurich pada Kamis pagi menjelang dimulainya Kongres.

FIFA dan sepak bola dunia dihantam masalah pada Rabu pagi, ketika polisi Swiss menahan beberapa pejabat papan atas FIFA.

Tujuh orang ditahan pada dini hari di hotel mewah di Zurich, yang sekarang menghadapi deportasi ke AS dengan dakwaan menerima suap lebih dari 150 juta dolar.

Pada perkembangan terpisah, polisi Swiss pada Rabu menggeledah markas besar FIFA, menyita dokumen-dokumen dalam penyelidikan terkait kasus korupsi pada pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, kata kantor Kejaksaan Agung Swiss. (*/lek)
Sumber: antara