Tak Berkategori  

Ada Pemilih Ganda, KPU Tanah Datar Sempurnakan DPT

KPU (net)

BATUSANGKAR – Ada sekitar 827 pemilih ganda yang ditemukan dalam daftar pemilih di Tanah Datar, KPUD setempat mengaku bakal memperbaiki daftar ini.

Untuk ini, Banwaslu setempat juga meminta agar tak ada pemilih ganda dengan mengeluarkan rekomendasinya.

Anggota Komisioner KPUD Tanah Datar Devisi Perencanaan Data Partisipasi Masyarakat Fitri Yenti mengatakan dalam menyikapi kondisi ini pihaknya masih berupaya melakukann peyempurnaan dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga bisa menekan angkanya.

“Hingga DPT yang disempurnakan ada sebanyak 568 pemilih ganda, namun penyempurnaan untuk ini masih terus dilakukan,” kata Fitri Yenti pada pers di Pagaruyung

Ia menyebut pemilih ganda tersebut tidak semua masalah berada dalam daftar pemilih ganda, tapi terkait dengan nama orang yang telah meninggal, atau alih status pada pemilih dibawah umur.

Diutarakan Fitri Yenti, KPU Tanah Datar tetap melakukan menyempurnakan DPT pemilu 2019 mendatang. Dimana, jumlah DPT yang telah disempurnakan kini menjadi 256.682 pemilih dari sebelumnya 257.250 pemilih. Angka tersebut berkurang sebanyak 568 pemilih.

Dikatakan, berkurangnya jumlah DPT di Tanah Datar terjadi setelah adanya proses perbaikan daftar pemilih tetap hasil perubahan atau DPTHP. Hal ini juga mengacu pada rekomendasi bawaslu yang mana menemukan daftar pemilih ganda pada DPT yang telah diplenokan.

Katanya, mengacu pada isi surat hasil pengawasan dan pencermatan Bawaslu terhadap daftar pemilih tetap pemilihan umum 2019, saat dimana KPU Tanah Datar mesti menyempurnakan sebanyak 826 pemilih ganda. Namun, setelah dilakukan penyempurnaan, KPU Tanah Datar memperbaiki jumlah DPT dengan hasil mengurangi 568 pemilih.

Ditambahkannya, dari daftar pemilih ganda itu tercatat sebanyak 784 pemilih, meninggal ada 112 pemilih, di bawah umur sebanyak 14 pemilih, pindah domisili 2 pemilih dan diketahui sebagai anggota TNI aktif 1 pemilih. Dalam perbaikan DPT ini KPUD masih diberi waktu hingga dua bulan lagi. (yusnaldi)