Agam Miliki 10 Sirine Tsunami

Sirene tsunami (okezone.com)

LUBUK SIKAPING – Agam memiliki sebanyak 10 unit peralatan sirine peringatan tsunami yang terpasang di sepanjang pesisir pantai Tanjung Mutiara.

“Hal ini sebagai bentuk antisipasi bencana tsunami yang terjadi, “kata Kepala Pelaksana BPBD Agam Muhammad Lutfi, Jumat (4/1/2019).

Menurutnya, Kabupaten Agam masuk dalam tujuh daerah di Sumatera Barat, berada di bagian pesisir pantai yang rawan ancaman bahaya tsunami.

Sehingga diperlukan persiapan untuk mengantisipasi dampak bencana, salah satu nya sirine peringatan tsunami dalam memberikan peringatan segera kepada warga guna menekan jumlah korban dan kerugian akibat bencana.

“Usai dilakukan pengecekan, sirine dalam kondisi aktif yang terpasang di beberapa titik,” katanya

Setelah pengecekan pada 26 Desember 2018 kemarin, seluruh sirine di pesisir pantai dalam kondisi baik, pihaknya dikantor memiliki alat untuk memonitor dan pemantau alat tersebut.

Terkait kondisi cuaca dan ancaman gempa serta gelombang tinggi, dihimbau masyarakat agar menghindari dan menjauhi pantai bila merasakan getaran gempa yang cukup kuat, namun jangan panik dan tetap selalu waspada. (mursyidi)

Loading...