Tak Berkategori  

Agam Siapkan Manggis Organik Hadapi MEA

Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)
Ilustrasi. (*)

LUBUK BASUNG – Manggis Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam ditingkatkan satatusnya menjadi tanaman organik. Kegiatan ini merupakan upaya Kementerian Pertanian untuk menjadikan buah-buahan produksi di Agam, khususnya manggis lebihs ehat dalam menghadapi perdagangan bebas ASEAN atau MEA. Manggis salah satu buah yang diekspor ke berbagai negara termasuk Cina.

“Tahun ini selain didapat kegiatan pengembangan tanaman manggis di Kecamatan Palembayan melalui APBD daerah ini, Kementerian Pertanian juga membiayai Kabupaten Agam sebagai penghasil buah manggis organik,” ujar Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Dispertahornak) Agam Arief Restu didampingi Kabid Hortikultura Zulmarni, Jumat (10/6/2016).
Dalam rangka persiapan pelaksanaan tersebut telah melakukan pertemuan dengan kelompok tani tanaman buah manggis berikut pendamping kegiatan tersebut, yaitu Kelompok Tani Buah Rajo Manggis di Nagari Batu Kambiang.
Tanaman manggis itu apabila sudah selesai kegiatan pembinaan, bagi petani yang melaksanakan dengan benar akan diberikan sertifikat organik. Diakui, untuk tahap awal ini baru dimulai kegiatan sosialisasi dengan Kelompok Tani (Keltan) Rajo Manggis. (lukman)