Air Asia tak Sanggup Penyebab Penerbangan Padang-Singapura Ditutup

AirAsia (net)

PADANG – Upaya Pemprov Sumbar melobi maskapai Air Asia untuk menghentikan rencananya menutup rute penerbangan langsung Padang-Singapura gagal.

Terhitung hari ini, Rabu 16 Mei 2018, rute penerbangan Padang-Singapura oleh Air Asia tidak beroperasi lagi.

“Kami sudah tawarkan opsi penerbangan tiga kali seminggu hanya di akhir pekan, tetapi pihak Air Asia tetap menyatakan tidak sanggup. Rute itu tetap ditutup,” kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai menggelar rapat di Kementrian Pariwisata, Selasa (15/4).

Keputusan tersebut didapat setelah upaya melobi Air Asia melalui Kementrian Pariwisata yang difasilitasi Staf Khusus Kemenpar, Yudi, Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar dan manajemen Air Asia.

Rute itu ditutup untuk evaluasi oleh pihak Air Asia sambil menunggu konsep promosi yang konkret dari pemerintah. Jika konsep itu jelas, masih ada kemungkinan rute tersebut dibuka kembali.

Untuk itu Pemprov Sumbar berencana mengundang pakar pariwisata dari Singapura untuk sama-sama merumuskan bentuk promosi yang cocok untuk negara tersebut.

“Minggu ke dua bulan puasa, akan dilakukan rapat kembali dengan Kementerian Pariwisata dan Air Asia untuk presentasi konsep promosi yang akan dilakukan,” kata dia.

Ia berharap waktu yang sedikit bisa dimanfaatkan untuk merumuskan konsep promosi dan bisa diterima oleh Air Asia sehingga rute itu dibuka kembali.

Sebelumnya maskapai Air Asia Indonesia menghentikan layanan penerbangan langsung Padang- Singapura sebagai bagian dari upaya restrukturisasi jaringan dan meningkatkan efisiensi operasional.

Head of Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono dalam siaran persnya menyebutkan penerbangan terakhir rute Padang-Singapura akan dilayani pada tanggal 16 Mei 2018.

Meski Pemprov Sumbar berupaya melobi agar rute itu tidak jadi ditutup, tetapi Air Asia tetap kukuh pada keputusannya. (yose)

Loading...