oleh

Aji: Gol Pertama Korsel Membuat Mental Timnas U-23 Down

Pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Korsel (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu usai dikalahkan Timnas Korsel (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia Aji Santoso menyebut pertandingan melawan Korea Selatan pada kualifikasi Piala AFC U-23 Grup H di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (31/3) melelahkan.

Pada pertandingan yang disaksikan oleh 16.422 penonton itu Timnas Garuda Muda harus mengakui keunggulan Korsel dengan skor telak 0-4. Kondisi in membuat lawan bisa lolos otomatis ke putaran final Piala AFC U-23 2016 di Qatar.

“Pertandingan tadi cukup melelahkan. Tapi pemain sudah berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya,” kata Aji Santoso usai pertandingan.

Pada babak pertama, kata dia, Paulo Sitanggang dan kawan-kawan bermain cukup bagus karena mampu menahan serangan lawan tidak jauh dari garis tengah. Kondisi ini dinilai cukup efektif meski akhirnya belum mampu mencetak gol.

Untuk babak kedua, mantan pelatih Persebaya Surabaya itu mengaku tidak melakukan perubahan strategi. Hanya saja, anak asuhnya mulai terpancing permainan lawan sehingga lawan mampu memanfaatkan celah sehingga gol pertama tercipta.

“Jujur, gol pertama Korsel membuat pemain down. Kondisi ini membuat konsentrasi pemain menurun,” kata mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Setelah gol pertama lawan yang tercipta pada menit 52, permainan Timnas Garuda Muda langsung kurang terarah meski tekanan ke pertahanan lawan terus terjadi. Hanya saja upaya yang dilakukan tidak membuahkan hasil.

Justru tiga gol lawan kembali terjadi. Kondisi ini membuat peluang lolos otomatis bagi Indonesia ke putaran final Piala AFC U-23 di Qatar harus bergantung hasil pertandingan lain. Jika mampu menjadi lima runner up terbaik maka Indonesia baru bisa lolos. (*aci)

sumber:antara

Loading...

Berita Terkait