Tak Berkategori  

Aleix Espargaro Raih Pole Position di GP Catalunya

Aleix Espargaro

JAKARTA – Pebalap Spanyol Aleix Espargaro bakal start terdepan di balapan kandang Grand Prix Catalunya setelah mengalahkan Francesco Bagnaia di babak kualifikasi, Sabtu.

Memecahkan rekor Sirkuit Barcelona-Catalunya dan menjadi yang tercepat di tiga sesi latihan bebas, Espargaro memiliki modal yang baik untuk memperebutkan pole position di Q2.

Sang pebalap tim Aprilia tampil lebih kencang dari lap terbaiknya demi memperbaiki rekor yang telah ia pecahkan saat mencatatkan satu menit 38,742 detik.

Bagnaia berupaya memperbaiki catatannya di lap terakhir Q2 namun masih belum mampu mengalahkan waktu terbaik Espargaro yang unggul tipis 0,031 detik sehingga sang pebalap Ducati harus puas start dari P2.

“Saya tak tahu (bagaimana melakukannya). Itu lap paling sulit sejauh musim ini. Kondisinya sangat, sangat sulit,” kata Espargaro dalam wawancara di pitlane seperti dikutip Reuters.

“Saya tampil habis-habisan. Saya menjalani lap yang benar-benar gila, sliding di mana-mana. Sebenarnya saya tidak menikmati lap itu. Saya berada di limitnya di setiap tikungan.”

Pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo akan memarkir motor Yamaha M1 di P3, melengkapi posisi start baris terdepan.

“Tujuan hari ini adalah meraih dua baris terdepan dan kami dapat yang paling depan, saya senang,” kata Quartararo, yang kewalahan menemukan grip saat latihan Jumat.

Baris kedua diisi oleh trio Ducati; Johann Zarco (Pramac), Fabio Di Giannantonio (Gresini), dan Jorge Martin (Pramac).

Sedangkan Alex Rins menjadi pebalap Suzuki terdepan di P7, setelah mengalahkan Maverick Vinales (Aprilia) dan Luca Marini (VR46).

Enea Bastianini, yang telah memenangi tiga balapan musim ini dan berada di peringkat tiga klasemen, gagal melaju ke babak kualifikasi kedua dan sang pebalap tim Gresini Racing akan start dari P14.

Alex Marquez melewatkan babak kualifikasi setelah mengalami kecelakaan di FP4. (*/ant)