oleh

All English Final, Tottenham Bertemu Liverpool

LIGA Champions 2018-2019 akhirnya mencapai tiba pada partai puncak setelah dua tim terbaik lolos ke laga pamungkas. Uniknya, kedua tim yang akan saling berhadapan di laga final adalah dua tim yang berasal dari negara yang sama yakni Inggris.

Kedua perwakilan Inggris tersebut adalah Liverpool dan Tottenham Hotspur. Keberhasilan kedua wakil Inggris melaju ke partai final Liga Champions pun menjadi hal bersejarah tersendiri. Pasalnya ini merupakan kedua kalinya tercipta All English Final di ajang Liga Champions.

Sebelumnya, sejarah pertama tersebut terjadi pada Liga Champions musim 2007-2008. Saat itu, dua wakil Inggris yakni Manchester United dan Chelsea saling berjumpa di partai puncak. Laga itu pun berhasil dimenangkan Man United yang meraih kemenangan atas Chelsea lewat babak adu penalti.

Kini pertemuan kedua tim Liga Inggris kembali terjadi pada musim 2018-2019. Liverpool dan Tottenham akan saling berhadapan dan akan memperebutkan trofi juara Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol pada Selasa 2 Juni 2019 dini hari WIB.

Keberhasilan Liverpool dan Tottenham melaju ke final pun sejatinya sangat dramatis. Kedua tim sama-sama berada dalam posisi kekalahan sebelum akhirnya melakukan epic comeback atas lawannya masing-masing.

Liverpool melaju ke final setelah mengalahkan Barcelona dengan skor agregat 4-3. Sempat tertinggal 0-3 di leg pertama, Liverpool mampu bangkit dan membalikkan keadaan dengan menyarangkan empat gol di leg kedua. Satu tiket final berhasil menjadi milik Liverpool.

Hal hampir serupa terjadi pada Tottenham saat menghadapi Ajax. Tertinggal 0-1 pada leg pertama, penderitaan Tottenham kembali berlanjut di leg kedua. Tertinggal 0-2 dari Ajax di babak pertama leg kedua, membuat peluang Tottenham untuk lolos semakin menipis. Tetapi keadaan berbalik kala Lucas Moura mencetak hattrick sekaligus memberi kemenangan untuk Tottenham. Meski skor agregat imbang 3-3, tetapi Tottenham berhak lolos karena unggul dalam gol tandang. (aci)

Loading...

Berita Terkait