oleh

Amankan Kayu Illegal, Petugas BKSDA Pasaman Dihadang Ranjau Paku

LUBUK SIKAPING – Pelaku ilegal logging di Pasaman makin bertingkah. Bukannya menghentikan aktivitas terlarang itu, mereka malah mencoba melihatkan taringnya kepada petugas.

Hal itu terjadi saat petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pasaman mengamankan kayu hasil illegal logging, sekitar pukul 22.00 WIB Jumat (21/6). Petugas yang berhasil mengamankan 60 batang kayu jenis ikia berbentuk balok dihadang ranjau paku saat pulang dari lokasi di kawasan Hutan Suaka Margasatwa Malampah, Alahan Panjang, Jorong Tarantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari.

“Bocor seluruh ban kendaraan kami,” kata Kepala BKSDA Resor Pasaman, Ade Putra, Minggu (23/6).

Ade menduga, dengan pemasangan ranjau itu, pelaku berupaya membuat jera petugas. Namun ditegaskannya hal tersebut tidak akan mengendorkan semangat dia dan para jajarannya untuk terus membasmi praktik illegal logging.

“Dengan itu, kami malah akan semakin gigih melakukan penindakan,” tegasnya.

Ade menuturkan, setiap kali hendak melakukan penindakan, petugasnya dikerap dihadapkan dengan bocornya ban kendaraan yang mereka gunakan.

“Aktivitas pembalakan liar di daerah ini sudah sangat masif. Soalnya beberapa kali kami melakukan patroli di daerah ini tetap bocor dan diketahui oknum pelaku. Cerdik pelaku, lebih cerdik pula kami. Lihat saja nanti,” jelas Ade.

Di sisi lain, kawasan hutan Suaka Margasatwa Malampah Alahan Panjang yang berada di Pasaman saat ini kondisinya memprihatinkan. (can)

Loading...

Berita Terkait