oleh

Angin Kencang Landa Payakumbuh, Atap Rumah Beterbangan

PAYAKUMBUH – Angin kencang disertai hujan, hantam enam daerah di Kota Payakumbuh. Sejumlah pohon tumbang menghambat jalan dan sebagian lagi menimpa rumah penduduk, Minggu (10/11).

Daerah yang terdampak itu, masing-masing Bukit Sitabua, Pakan Salasa, Sicincin, Padang Tangah, Padang Leba dan Jalan Pahlawan,Kecamatan Payakumbuh Timur.

Salah seorang saksi mata di lokasi kejadian, Rio mengatakan, kejadian yang terjadi itu begitu tiba-tiba. “Hujan tidak begitu lebat. Tapi tiba-tiba saja angin bertiup begitu kencang. Serasa mau terbang kita dibuatnya. Pohan-pohon bertumbangan. Tidak bisa berkemas kita dibuatnya,” ujarnya.

Menurutnya, di Pakan Salasa satu unit rumah semi permanen roboh diterjang angin kencang itu. “Tidak ada korban jiwa dari rumah yang roboh itu. Kebetulan penghuni rumah memang sedang tidak berada di tempat. Selain itu, beberapa pohon besar juga sempat menimpa sejumlah rumah warga,” tambahnya.

Selain itu, di Kelurahan Sicincin, dari pengakuan Dayat, salah seorang warga disana, menyampaikan, hujan yang disertai angin kencang terjadi tidak begitu lama. Namun membuat atap rumah warga banyak yang berterbangan.

“Dalam sekejap, atap rumah warga banyak yang berterbangan. Bahkan ada yang tidak bisa untuk ditempati.

Warga yang rumahnya tidak bisa ditempati itu, terpaksa menumpang ke rumah tetangga ataupun ke rumah saudaranya. Keadaan benar-benar sedikit kacau,” ucapnya.

Sementara melihat dampak yang terjadi dari angin kencang itu, kerugian materil diperkirakan melebihi ratusan juta rupiah. Sedangkan untuk penangan kejadin itu, tim BPBD bersama masyarakat sudah tampak hadir membersihkan kayu-kayu yang roboh di sejumlah titik itu. (bule)

Loading...

Berita Terkait