Tak Berkategori  

Angka Kesembuhan dari Covid-19 di Padang Pariaman Terus Meningkat

Kadinas Kesehatan Padang Pariaman Yutiardi Rivai. (dok.sgl)

PARIK MALINTANG – Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Padang Pariaman terus melancarkan berbagai aksi, yaitu dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, daratan China tersebut. Salah satunya dengan mengajak warganya agar terus disiplin dengan Protokol Kesehatan (Prokes).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Padang Pariaman, Yutiardi Rivai, yang dihubungi Singgalang, Minggu (22/8), berharap, trend prositif penanganan Covid dalam beberapa pekan terakhir dapat berlanjut sehingga virus corona benar-benar ‘hengkang’ dari daerah tersebut.

Seperti diberitakan Sabtu (21/8) kemarin, dalam sepekan terakhir hanya terjadi penambahan 34 kasus Covid di Padang Pariaman. Sementara pasien corona yang sembuh mencapai 254 orang. “Jadi, trend positif inilah yang kita harapkan,” ujar Yutiardi.

Menurut Kadiskes Yutiardi, terjadinya penurunan tingkat penyebaran virus corona di Padang Pariaman dalam satu bulan terakhir adalah dampak dari semakin disiplinnya masyarakat terhadap prokes. Disamping dampak pelaksanaan program vaksinasi Covid.

Sebab itulah, Tim Satgas Covid terus mengimbau kepada masyarakat supaya tetaplah disiplin melaksanakan prokes. Menjadikan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak dengan sesama sebagai budaya baru dimasa pandemi.

Yutiardi yakin, dengan disiplinnya masyarakat terhadap prokes, mata rantai penyebaran virus corona di Padang Paiaman dapat diputus. Paling tidak bisa ditekan.

Kadiskes Yutiardi menyampaikan bahwa dalam dua hari terakhir, Sabtu dan Minggu, hanya terjadi penambahan 13 kasus Covid di Padang Pariaman. Lima kasus pada hari Sabtu dan delapan kasus hari Minggu.

Namun, disisi lain, ada pula 26 pasien yang dinyatakan telah sembuh dari Covid pada Minggu tersebut. “Jadi, dengan ada penambahan itu, maka tercatat jumlah masyarakat Padang Pariaman yang terpapar virus corona sudah mencapai 2.828 orang dan, 2.470 orang telah dinyatakan sembuh,” terangnya.

Bila dikurangi dengan pasien yang sembuh dan 123 pasien yang meninggal, maka diketahui masih ada 235 pasien Covid yang tengah menjalani proses penyembuhan di Padang Pariaman.

“Ya, 31 orang diantaranya di rawat di rumah sakit, 200 orang menjalani isolasi secara mandiri dan empat melaksanakan karantina di Rusunawa, Parikmalintang,” ulas Kadiskes.  (darmansyah)