Tak Berkategori  

Antisipasi DBD, Dinkes Padang Lakukan Fogging

Petugas saat melakukan foging. (charlie)

PADANG – Mengantisipasi terjadinya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota Padang melakukan pencegahan. Salah satunya yakni melalui pengasapan (fogging) di sejumlah titik.

Selasa (17/4), Dinas Kesehatan menerjunkan personelnya di perumahan Griya Anak Air Permai, Kelurahan Batipuh Panjang, Koto Tangah. Dua unit alat penyemprot digunakan untuk mengasapi sekitar 120 unit rumah warga yang berada di samping PT Lembah Karet.

“Seluruh rumah disemprot karena ada laporan yang masuk dari warga kepada kami untuk dilakukan penyemprotan,” sebut seorang petugas dari Dinkes, Eri.

Seluruh warga perumahan nampak cukup senang dengan kedatangan petugas. Sebab selama ini cukup banyak nyamuk pada siang dan malam hari.

“Alhamdulillah, kami berterimakasih kepada pihak dinas yang sudah memerhatikan kami dan melakukan penyemprotan,” ujar Ketua Kompleks Griya Anak Air Permai, Andri Reno Putra.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid saat dikonfirmasi menyebut  pengasapan (fogging) yang dilakukan untuk mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk DBD. Kadiskes mengatakan, penyemprotan tidak saja dilakukan di kompleks Griya Anak Air Permai, tetapi juga di tempat lain.

“Khusus untuk kompleks Griya Anak Air Permai, pihak puskesmas memang sudah melakukan pemantauan dan pemeriksaan sebelumnya,” jelas Feri Mulyani Hamid.

Kadiskes menyebut, berdasarkan pemantauan yang dilakukan di perumahan itu, angka bebas jentik (ABJ) berada di bawah 90 persen. Artinya, cukup banyak jentik nyamuk yang berpotensi membawa penyakit DBD.

Feri Mulyani Hamid pun berharap setelah ini tidak ada lagi kasus DBD. Masyarakat diharapkan peduli dengan kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun di luar rumah. Caranya yakni dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk di rumah tangga dengan cara menghilangkan tempat perindukan nyamuk.(charlie)