Tak Berkategori  

APBD Sumbar 2016 Rp4,5 Triliun Disahkan

Gedung DPRD Sumbar (net)
Gedung DPRD Sumbar (net)

PADANG – APBD Sumbar Tahun 2016 disahkan Rp4,5 triliun. DPRD dan Pemprov mengklaim anggaran daerah ini pro-rakyat dengan porsi anggaran belanja langsung lebih besar dibanding tahun sebelumnya. APBD disahkan saat rapat paripurna DPRD Sumbar, Kamis (26/11).

Ketua DPRD, Hendra Irwan Rahim mengatakan tahun ini alokasi belanja langsung 47 persen. Sementara belanja tak langsung 53 persen. Total belanja daerah Rp4,45 triliun yakni sebanyak Rp2,09 triliun untuk belanja langsung. Belanja tak langsung Rp2,3 triliun.

“Memang belum lebih banyak belanja langsung, namun itu sudah kita maksimalkan,” ujar Hendra.

Dia menjelaskan dalam belanja langsung dianggarkan dana untuk program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Sementara dalam belanja tak langsung ada anggaran untuk belanja pegawai dan administrasi perkantoran. Namun, juga memuat anggaran untuk hibah kabupaten/kota untuk pembangunan di daerah.

Selain itu, menurut dia, anggaran untuk belanja modal juga sudah di atas rata-rata nasional yang hanya 23 persen dari total anggaran. Belanja modal ditetapkan Rp1,004 triliun.

Pada APBD Tahun 2015, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memang meminta APBD Sumbar untuk memperbanyak belanja modal. Itulah yang diupayakan untuk tahun 2016.(titi)