oleh

Arus Balik, Jalur Sumbar-Riau Ramai Lancar

LIMAPULUH KOTA – Akses jalan di jalur Sumbar-Riau aman dan lancar selama H-7 hingga beberapa hari usai Lebaran 1440 Hijriyah.

“Nanti malam, pukul 00.00 WIB, kita akan akhiri Operasi Ketupat Singgalang 2019,” kata Kapolres 50 Kota AKBP Haris Hadis kepada Singgalang, Minggu (9/6).

Kapolres mengklaim, tidak ada kemacetan parah di wilayah hukumnya. “Ada di Lembah Harau, tapi kita berlakukan sistem buka tutup jalan. Ada rekayasa jalan dan kita buka jalur alternatifnya,” sebut Haris.

Lembah Harau padat dikunjungi wisatawan yang berlibur lebaran sejak hari kedua Idul Fitri hingga Minggu (9/6).

Kemacetan agak parah, sempat terjadi di batas Payakumbuh dan Limapuluh Kota. “Hari ini, puncak arus balik. Dari kemarin, kita hitung ada belasan ribu kendaraan yang sudah mengarah ke Riau,” tutur Haris Hadis.

Keamanan mudik lebaran, diperkuat dengan hadirnya Timsus 99, pasukan khusus Polres 50 Kota yang bertugas mengawasi terjadinya praktik kriminalitas.

“Tidak boleh ada yang minta-minta sumbangan dengan modus menumbangkan kayu. Biasanya, ini rentan terjadi di Pangkalan Koto Baru. Tahun ini, chek saja, itu tak ada. Kita halau saja,” tegas Haris. (bayu)

News Feed