bola  

AS Roma Menang 2-0 atas Empoli

JAKARTA  – AS Roma menang 2-0 atas tamunya Empoli berkat dua gol sundulan kepala yang identik, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Minggu dini hari WIB.’

Kemenangan itu membawa Roma naik tiga strip ke posisi ketiga dengan 40 poin, sedangkan Empoli terpaksa tertahan di posisi kesepuluh dengan 26 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Giallorossi hanya memerlukan waktu kurang dari 90 detik untuk memecah kebuntuan, atau tepatnya pada menit kedua. Diawali bola tendangan bebas kiriman Paulo Dybala, bola kemudian disambut sundulan Roger Ibanez, yang sempat memantul ke tanah untuk kemudian mengejutkan kiper Guglielmo Vicario. Sebagai catatan, keenam gol Ibanez di Liga Italia semuanya tercipta melalui sundulan kepala.

Gol kedua Roma yang tercipta pada menit keenam berlangsung dengan proses serupa. Dybala mengirimkan bola tendangan sudut, dan kali ini Tammy Abraham yang menyambar bola dengan tandukannya.

Dybala hampir turut mencatatkan namanya di papan skor, saat ia berlari mengejar umpan terobosan Nemanja Matic, bergerak memotong, dan melepaskan sepakan melebar.

Kiper Roma Rui Patricio bergerak meninggalkan sarangnya untuk meredam upaya Tommaso Baldanzi. Setelah itu Abraham sempat memohon hadiah penalti karena merasa Koni De Winter mengganjal kakinya, namun wasit memberi isyarat pertandingan terus dimainkan.

Abraham kembali mendapat peluang dari sundulan kepala, kali ini melalui tendangan sudut. Bola kemudian dapat dibuang Vicario ke atas mistar gawang, dan peluang Roma berikutnya dari tendangan bebas Lorenzo Pellegrini melebar.

Francesco Caputo melepaskan tembakan yang dapat ditahan Gianluca Mancini, dan Razvan Marin melepaskan tendangan bebas yang melambung. Empoli memiliki peluang yang sangat bagus saat Marin mengirimkan bola kepada Tyronne Ebuehi, yang hanya bisa meneruskan dengan sepakan voli tidak tepat sasaran.

Pada awal babak kedua, Vicario melakukan dua penyelamatan penting untuk mencegah gawangnya kembali kemasukan. Pada situasi tendangan sudut ia menepis sepakan voli Dybala, kemudian upaya Mancini menyambar bola muntah, dan terakhir menggunakan kakinya untuk menahan sundulan Abraham.

Empoli kembali memiliki peluang bagus menjelang pertandingan usai. Fabiano Parisi gagal memaksimalkan kesalahan operan dari Matic, dan pemain pengganti Nicolo Cambiaghi melepaskan tembakan melambung ke atas mistar gawang Patricio.

Daftar susunan pemain:

AS Roma: Rui Patricio, Gianluca Mancini, Chris Smalling, Roger Ibanez, Nicola Zalewski (Diego Llorente 90′), Bryan Cristante, Nemanja Matic, Stephan El Shaarawy (Zeki Celik 84′), Paulo Dybala (Edoardo Bove 70′), Lorenzo Pellegrini (Andrea Belotti 90′), Tammy Abraham

Empoli: Guglielmo Vicario, Tyronne Ebuehi (Petar Stojanovic 83′), Koni De Winter, Sebastiano Luperto, Fabiano Parisi, Jean Akpa (Liam Henderson 74′), Razvan Marin, Filippo Bandinelli (Marko Pjaca 83′), Tommaso Baldanzi, Martin Satriano (Nicolo Cambiaghi 62′), Francesco Caputo (Roberto Piccoli 62′)

(*/ant)