Tak Berkategori  

Auto Lancar, Ini 6 Cara Mengatasi HP Agar Tidak Ngelag!

  Sumber: id.pinterest.com

SEBAGAI Sebagai media yang memudahkan segala kegiatan sehari-hari, kamu tentu membutuhkan smartphone dengan performa yang mumpuni. Namun, performa smartphone biasanya akan menurun kalau sudah digunakan bertahun-tahun. Selain kualitas baterainya yang mengalami penurunan, HP juga bakal ngelag atau lemot.

Tapi perlu diingat, jika HP yang ngelag tidak hanya diakibatkan oleh umur pemakaian. Kebiasaan kamu menggunakan HP dan merawatnya juga bisa mempengaruhi performanya. Nah, untuk mengatasi HP agar tidak ngelag, simak berbagai caranya di bawah ini yuk!

Rutin Membersihkan Cache, File, dan Junk yang Tidak Penting

 

 Sumber: id.pinterest.com

 Pertama kamu bisa membersihkan file, cache, dan junk yang mungkin tidak terpakai di dalam HP untuk menghindari ponsel ngelag. Pasalnya, file-file tersebut akan dianggap sebagai “sampah” oleh sistem smartphone. Sehingga kalau dibiarkan terlalu lama akan mengakibatkan performa HP menurun dan menjadi lambat.

 Kurangi Pemakaian Widget

 

Sumber: id.pinterest.com

 Widget merupakan tampilan aplikasi mini yang bisa disematkan pada layar utama atau aplikasi lain dalam HP. Selain memperindah tampilan layar utama, widget juga bermanfaat sebagai jalan pintas untuk memantau segala aplikasi tanpa perlu membuka aplikasi tersebut.

Walaupun bisa mempercepat akses, tapi pemakaian widget justru bisa memakan konsumsi RAM yang lebih besar. Dampaknya, HP menjadi lemot atau ngelag. Untuk itu, kurangi pemakaian widget untuk menghindari masalah ngelag yang bisa terjadi.

Perbarui Juga Perangkat Lunak dan Sistem

Sumber: id.pinterest.com

 Rutin memperbarui sistem adalah cara agar HP tidak ngelag. Saat ada notifikasi untuk memperbarui perangkat lunak dan sistem (update software) di ponsel, ada baiknya segera lakukan.

Hal tersebut bertujuan untuk memperbaiki permasalahan yang mungkin terjadi pada sistem sebelumnya. Karena update software bermanfaat untuk memberikan perbaikan yang lebih maksimal serta fitur-fitur terbaru.

 

Perhatikan Jumlah Memori Internal

 

Sumber: id.pinterest.com

Jumlah memori dalam smartphone sangat penting untuk diperhatikan. Karena ponsel dengan memori internal yang penuh cenderung akan bekerja lebih lambat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya beban di dalamnya, yang akhirnya bisa bikin performa HP menurun.

 So, pastikan kapasitas memori HP kamu memiliki cukup ruang, dan hindari menyimpan terlalu banyak file dan data di dalam HP.

Hindari Menggunakan Smartphone Hingga Baterai 0%

 Sumber: id.pinterest.com

 Tidak sedikit orang yang terkadang bermain ponsel sampai daya baterai habis Padahal, kebiasaan seperti ini bisa membuat baterai mudah boros dan bikin kualitas baterai menurun. Nah, kualitas baterai ponsel yang menurun ini dapat mempengaruhi performa dari smartphone itu sendiri.

Oleh sebab itu, kamu perlu menghindari kebiasaan menggunakan smartphone hingga daya baterai 0%. Sebaiknya segera isi daya baterai ponsel kamu kalau sudah 20%.

 Hapus Aplikasi Bawaan yang Tidak Terpakai

 

 Sumber: id.pinterest.com

Bloating Ware adalah aplikasi bawaan yang biasanya terinstall pada Android sejak pertama kali membelinya. Aplikasi bawaan umumnya terpasang di handphone bundling dari provider layanan mobile. Akan tetapi, terlalu banyak aplikasi bawaan di HP bisa mengakibatkan memori internal Android cepat habis, sebab ada beberapa aplikasi yang mempunyai ukuran data, dan cache yang cukup besar.

Maka dari itu, untuk menghindari HP ngelag, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan dari smartphone yang tidak terlalu penting. Dijamin performa ponselmu akan lebih lancar dari sebelumnya.

Begitulah cara-cara yang bisa kamu lakukan agar kinerja HP kamu tetap maksimal dan anti ngelag.

Selain berbagai cara diatas, ada banyak cara lainnya yang bisa meningkatkan performa HP kamu. Misalnya, menggunakan memori eksternal, tempered glass, dan casing untuk memberi perlindungan ekstra pada ponselmu. Tentunya semua aksesoris HP tersebut bisa kamu beli hanya di Shopee!

Ada banyak sekali promo dan diskon menarik yang ditawarkan oleh Shopee pada 9.9 Super Shopping Day. Diantaranya adalah promo Tanam Shopeepay 30M, COD Gratis Ongkir, hingga Super Serba Seribu. Hanya dari rumah kamu bisa belanja handphone dan aksesoris handphone lainnya dengan lebih irit di Shopee. Karena ada Shopee Cash on Delivery yang bisa dilakukan di sejumlah provinsi, sebut saja Jabodetabek, Bali Sumatera, Kalimantan, NTT, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, sampai ke Sulawesi. Dengan begitu, kamu pun bisa belanja berbagai barang kebutuhan tanpa perlu keluar rumah. (***)