Tak Berkategori  

Awas Bahaya Radikalisme!

PADANG – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas bekerja sama dengan Forum Pemerhati Sosial Kemasyarakatan akan menggelar “Diskusi Publik Aktualisasi Ideologi Pancasila” pada Selasa 29 September 2015 di Ruang Seminar FIB.

Ketua Penyelenggara Dr. Hasanuddin, M.Si, Senin (27/9) menyebutkan diskusi ini bertujuan untuk menggali persepsi, pandangan, dan gagasan berbagai kalangan dalam mencermati fenomena kebangsaan dalam percaturan internal dan global, khususnya dalam kaitan eksistensi dan aktualisasi nilai-nilai atau ideologi Pancasila di tengah fenomena menguatnya komunisme dan radikalisme.

Narasumber dalam diskusi publik ini adalah Ketua MUI Sumatera Barat, Ketua Umum Bundo Kanduang, Ketua KNPI Sumatera Barat, Akademisi/Pengamat Sosial Politik, dan Akademisi/Pengamat Budaya. Sejumlah mahasiswa, akademisi, pemerhati sosial, budaya, dan politik, serta wartawan dari media diundang untuk terlibat dalam diskusi ini.

Menurut Hasanuddin kondisi kekinian Indonesia makin kuat memunculkan radikalisme “kiri” dan “kanan”. Di satu sisi, ideologi atau ajaran komunis masih diperjuangkan oleh sejumlah simpatisan di berbagai level masyarakat.

Ragam pemikiran komunisme terus muncul dalam berbagai bentuk, seperti berkembangnya gerakan radikal di kalangan mahasiswa, partai politik yang berhaluan marxis, gerakan feminis radikal, penerbitan buku-buku marxisme, maraknya penggunaan simbol ‘palu arit”, dan munculnya upaya rekonstruksi sejarah yang bertujuan untuk merehabilitasi nama baik PKI. (arizal)