Tak Berkategori  

Bakal Calon DPD RI, Nurkhalis Daftar ke KPU Sumbar

Nurkhalis diantar sejumlah tokoh pemuda mendaftar ke KPU Sumbar (givo alputra)

PADANG – Tokoh Muda Sumbar, Nurkhalis B mendaftar sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Kantor KPU Sumbar, Senin (23/4).

Koordinator Gerakan Pemuda Tani (Gempita) Sumbar dan Ketua Aljamiyatul Washliyah (Alwashliyah) Sumbar itu diantar ratusan pengurus organisasi kepemudaan, ormas, dan lainnya. Bahkan dalam rombongan terlihat Koordinator Nasional Gempita, M Riyada.

Kemudian Presedium Forum Pemuda Sumatera Barat (FPS) Hangky Mustaf Sabarta, Bendahara Gonjong Limo Syafnir (H. Cap), Sekretaris KNPI Sumbar terpilih Martha Suhendra, tokoh pemuda Mentawai Dodi Silvanus Satako, pengurus Gempita kabupaten dan kota, pengurus Alwashliyah dan lainnya.

Khalis dan rombongan terlihat hadir di KPU sekitar pukul 14.30 WIB dengan membawa sekitar 2.600 dukungan. “Semua ini berangkat dari dorongan kawan-kawan pemuda dan petani Sumbar,” ujar pria kelahiran Mungka, Limapuluh Kota ini usai pendaftaran.

Ia bertekad memperjuangkan nasib petani. Salah satu yang utama katanya, adalah menyelaraskan reguliasi pertanian mulai dari pusat hingga ke kabupaten dan kota. “Kami selama ini bersama petani dengan menanam jagung pada ribuan hektare lahan terlantar merasakan dampak dari tidak sinkronnya regulasi dari pusat ke daerah itu,” ujarnya.

Pria yang juga Presedium FPS tersebut optimis didukung para pemuda Sumbar dan para petani. “Alhamdulillah kami bersama pemuda dan petani sudah berbuat. Tahun ini Gempita menargetkan 34 ribu lahan terlantar ditanami jagung. Saat ini sudah ditanam 1.500 hektare jagung pada 12 kabupaten dan kota di Sumbar,” lanjut ayah tiga anak ini.

Hal ini salah satunya dalam rangka memenuhi kebutuhan 700 ribu ton jagung di Sumbar tiap tahunnya. “Data itu hasil koordinasi kami dengan Dinas Pertanian Sumbar,” ulasnya.

Kemudian pihaknya juga salut dengan kreativitas anak-anak muda di Sumbar, yang butuh dukungan dan perjuangan. “Insya Allah kebersamaan dengan kawan-kawan pemuda akan terus berlanjut dalam rangka mendorong kreatifitas kawan-kawan agar lebih produktif untuk kemajuan daerah,” terang Nurkhalis.

Dunia pendidikan juga menarik perhatian baginya. “Selama ini kami bersama kawan-kawan mahasiswa berusaha mencarikan dana bagi mahasiswa dan siswa yang tidak mampu. Ini tentu harus terus dilakukan, karena tak sedikit para pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan itu di Sumbar,” katanya. (givo)