Tak Berkategori  

Bangunan Super Tipis Terkenal di Dunia

Bangunan super tipis di dunia. (*)
Bangunan super tipis di dunia. (*)

JAKARTA – Ada beragam cara dilakukan para arsitek dalam mensiasati harga tanah yang semakin mahal dan material bangunan yang kian tinggi. Bermodalkan kreatifitas, para arsitek ini berhasil menciptakan sebuah bangunan perkantoran atau landmark yang tidak memakan banyak lahan karena desainnya yang tipis.

Kendati tipis, para arsitek tetap mengedepankan kemegahan dan keindahan dalam meracik setiap detail desainnya. Bahkan, beberapa bangunan tipis ini sudah menjadi landmark atau ikon tersendiri bagi sebuah kota. Berikut beberapa bangunan supertipis yang terkenal di dunia.

  1. Flatiron Building (Manhattan/AS)

Flatiron Building merupakan bangunan supertipis berdesain unik yang terletak di Amerika Serikat, atau tepatnya di kawasan 175 fifth Avenue, Manhattan.

Bangunan bergaya arsitektur Renaissance ini dibangun pada 1902 dan didesain oleh Daniel Burnham. Flatiron Building ini nampak ramping dan datar dan berbentuk segitiga yang terlihat serupa dengan seterika pakaian. Itulah alasan mengapa bangunan ini dinamakan ‘Flatiron’ yang berarti seterika.

Keunikan lain dari bangunan supertipis Flatiron ini adalah letaknya yang tepat berada dipertigaan antara East 22nd Street, 23rd Street dan Broadway. Saking ikoniknya, Flatiron Building ditetapkan sebagai National Historic Landmark Amerika pada 1989. Dan saat ini, Flatiron Building dijadikan sebagai kantor pusat perusahaan penerbit ternama, Macmillan Publisher.

  1. Icon Building (Manhattan/AS)

Serupa dengan Flatiron, bangunan supertipis Icon Building ini juga menjadi ikon bagi kota Manhattan, New York. Ini merupakan apartemen berdesain tipis dengan 43 lantai. Saking tipisnya, apartemen ini nampak seperti tongkat yang melambai di langit.

Icon Building dibangun oleh arsitek Ismael Leyva pada 2007. Selain ramping dan tinggi, keunikan lain dari bangunan ini adalah setiap ruangan kamar apartemen itu berada di sudut bangunan, sehingga pemiliknya bisa menikmati pemandangan kota secara penuh. Bangunan apartemen supertipis ini juga hanya mampu ditempati oleh tiga penghuni di setiap lantainya.

  1. Paper Building (Shangai/Cina)

Bangunan supertipis berikutnya adalah Paper Building di Shanghai, Cina. Dinamakan Paper Building lantaran bangunannya tampak tipis seolah-olah seperti kertas. Bangunan ini terlampau tipis dengan sudut bangunan yang benar-benar runcing.

Bangunan unik yang terletak di Jalan Ningbo di Kota Shanghai ini sengaja dibuat tipis sebagai siasat mengingat lokasinya yang berada di kawasan padat penduduk. Bahkan saking tipisnya, tak sedikit orang yang bertanya-tanya, bagaimana bisa orang dapat tinggal di bangunan itu.

  1. The Gateway (Singapura)

Bangunan supertipis yang dikenal dengan The Gateway ini juga tak kalah unik. Bangunan tipis nan megah yang terletak di Beach Road, pusat kota Singapura ini terkenal dengan julukan “dua kotak kardus yang menjulang tinggi” oleh warga sekitar.

The Gateway dirancang berbentuk trapesium, memiliki 37 lantai dengan tinggi bangunan 150 meter. Dua gedung pencakar langit selesai dibangun pada 1990. Gedung di sebelah barat dikenal dengan The Gateway West, sementara sebelah timur The Gateway East.

  1. Skinny Haussmann Building (Paris/Perancis)

Bukan lagi rahasia jika Kota Paris merupakan salah satu kota di Eropa yang popular dengan arsitektur bangunannya yang indah dan menawan.  Diantara arsitektur bangunan yang indah di kota tersebut, berdiri satu bangunan yang terlihat begitu tipis. Gedung ini dinamakan “Skinny Haussman Building”.

Haussman building merupakan gedung paling tipis di antara bangunan lainnya di Kota Paris. Yang menarik, bangunan ini ternyata sudah berdiri pada abad pertengahan diarsiteki oleh Baron Haussmann yang diutus oleh Kaisar Napoleon III untuk merenovasi Kota Paris secara besar-besaran.

Itu dia beberapa bangunan unik supertipis yang terkenal di berbagai penjuru dunia. Nah, bagi Anda yang kini sedang mencari hunian layak berharga murah di kawasan Jakarta, cek saja Rumah Jual di Jakarta ya! (*)