oleh

Banjir dan Longsor Landa Padang Pariaman, 1 Orang Dilaporkan Tewas

PARIK MALINTANG – Hujan disertai angin kencang melanda Padang Pariaman. Cuaca buruk pada petang hari, Selasa (11/6) memicu longsor dan banjir.

Di daerah Simpang Sigalumbuak, Koto Tabuah, Kampuang Pinang, Nagari Batu Gadang, Kecamatan Sungai Garinggiang, ada satu rumah tertimbun longsor. Salah seorang dari penghuninya, Syarir (40) dilaporkan meninggal dalam kejadian tersebut.

Sementara banjir merendam Pasar Sungai Limau. Puluhan petak toko dan kios terendam hingga ketinggian sekitar satu meter. Kemungkinan banjir kali ini adalah yang terparah sepanjang sejarah.

Banjir juga terjadi di Paingan, Kecamatan Sungai Limau dan pada beberapa titik dalam wilayah Kecamatan V Koto Kampuang Dalam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman, Budi Mulya, menyebutkan, sejumlah warga yang terjadinya banjir telah berhasil dievakuasi.

Dia membenarkan, ada rumah yang tertimbun longsor di daerah Koto Tabuah, Batu Gadang, Kecamatan Sungai Garinggiang yang terkena longsor. Salah seorang penghuninya dilaporkan meninggal. Sementara
beberapa lainnya mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke Puskesmas.

Menurut Budi, tingginya curah hujan dan kencangnya angin, juga mengakibatkan tumbangnya sejumlah pohon. Diantaranya ada membelintangi badan jalan sehingga mengakibatkan trasportasi terputus.

Kepala BPBD, Budi Mulya belum bisa memastikan berapa banyak daerah yang terkena banjir dan rumah yang terkena longsor. “Kami masih di lapangan untuk melakukan pendataan,” katanya. (man)

Loading...

Berita Terkait