oleh

Banjir Lagi di Solsel, Jalan Lintas Provinsi ke Kerinci Terputus

SUNGAI PAGU – Banjir ketiga kalinya dalam beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Solok Selatan, Jumat (22/11) malam membuat Mapolsek Sungai Pagu kembali digenangi air. Kali ini, banjir menggenang dengan kedalaman lebih dari satu meter.

Selain itu, jalur lintas provinsi dari Kota Padang – Kabupaten Solok Selatan – Kerinci, Provinsi Jambi terputus. Tepatnya di Jorong Liki, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya, Kecamatan Sangir.

Banjir terjadi setelah hujan yang turun berkepanjangan sejak sorenya. Banjir di Solsel terjadi dalam tiga hari berturut-turut. Hampir seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Solok Selatan terdampak banjir.

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto S.ik M.H diikuti waka polres dan seluruh personel Polres Solsel langsung turun ke lokasi banjir bandang untuk mengantisipasi adanya korban jiwa. Hingga dini hari tadi, personel polri masih di lokasi guna mengantisipasi musibah susulan.

Seorang warga Simancuang Nagari Alam, Pauh Duo menyatakan, nagarinya tak luput dari hantaman banjir yang mengakibatkan beberapa jembatan putus dan hanyut. Jembatan Bumi Ayu dan Jembatan Simpang Jariang tak bisa lagi dilewati.

“Beberapa tiang listrik pun hanyut sehingga lampu padam malam ini untuk wilayah Sumberjo, Karang Putih, Sapan, Pasir Putih dan Simancuang. Begitupun pipa PDAM hanyut terbawa banjir. Puluhan hektar sawah sudah dipastikan rusak total,” katanya.

Dari hasil pantauan singgalang malam tadi, sejumlah sungai besar seperti Batang Bangko, Batang Suliti, Batang Lolo, dan anak sungai meluap. Di jembatan besi Nagari Koto Baru, air sudah hampir sampai ke badan jembatan.

Ratusan rumah di Jorong Kiambang terendam air. Begitu juga di Kampung Terandam, sejumlah warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Belum lagi di kawasan KPGD, ratusan rumah juga digenangi air. Sampai berita ini diturunkan tidak ada laporan korban jiwa. (Hendrivon)

Loading...

Berita Terkait