Tak Berkategori  

Banjir Rusak 900 Sawah di Pesisir Selatan

Banjir di Pessel. (marlison)
Banjir di Pessel. (marlison)

PAINAN – Empat nagari Pesisir Selatan terendam banjir akibat luapan Sungai Batang Lumpo, setelah hujan mengguyur daerah itu sejak Senin (18/1).

Wali Nagari Gurun Panjang Utara, Zainal Arifin di Painan, Rabu (20/1) mengungkapkan, selain nagarinya, tiga kenagarian lainnya yang juga dilanda banjir adalah Kenagarian Gurun Panjang Selatan, Gurun Panjang Barat dan Gurun Panjang Induk.

Peristiwa banjir yang terjadi sejak Rabu pagi sekitar 05.30 WIB menyebabkan rusaknya ribuan hektare tanaman padi masyarakat di empat kenagarian itu. Bahkan di Gurun Panjang Utara, sedikitnya 900 hektare sawah masyarakat diprediksi mengalami gagal panen.

“Luapan air sungai Batang Lumpo pun turut menggenangi jalan penghubung empat kenagarian, sehingga aktivitas warga menjadi terganggu,” katanya.

Selain itu, tambahnya, banjir turut merendam ribuan bangunan yang terdiri dari 600 unit di Gurun Panjang Utara, 200 di Gurun Panjang Barat. Kemudian 450 di Gurun Panjang Induk dan 300 di Kenagarian Gurun Panjang Selatan dan sejumlah sekolah.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Suib Tanjung, menyampaikan pihaknya telah menurunkan tim SAR menuju lokasi kejadian.

Hal itu guna mengevakuasi warga di empat kenagarian yang kini terdampak musibah banjir. Kemudian, SAR juga baka membantu warga sekitar untuk membuka akses jalan yang kini digenangi air dan dipenuhi tumpukan kayu serta lumpur.(aci)

sumber:antara