Tak Berkategori  

Basarnas Padang Kerahkan Tim Evakuasi Tujuh Anak Terjebak Banjir di Tarantang

PADANG – Kantor SAR Padang mengerahkan personel pencarian ke lokasi anak terjebak banjir di Tarantang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Kepala Kantor SAR Padang, Asnedi mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi enam anak-anak terjebak banjir di kawasan Tarantang.

“Enam personel ditambah juga oleh Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) kami,” kata Asnedi, Rabu (29/9/2021).

Sebelumnya, kabar anak-anak terjebak banjir bandang tersebut dibenarkan oleh Kepala Pelaksana Kalaksa BPBD Kota Padang, Barlius.

“Iya benar, ada anak-anak terjebak banjir di sana, semuanya anak-anak,” kata Barlius.

Namun, Barlius belum mejelaskan secara detail kronologi kejadian tersebut,”ucapnya.

Hingga pukul 20.50 WIB tim Basarnas bersama instansi terkait lainnya masih berada di lokasi untuk proses evakuasi tujuh anak yang diperkirakan berusia 10-15 tahun itu.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Barlius mengonfirmasi kejadian itu usai menerima laporan dari salah satu keluarga korban.

Ia menjelaskan dari informasi yang didapatkan tujuh anak tersebut awalnya pergi mencari ikan dengan menyeberangi aliran sungai.

Namun aliran sungai tiba-tiba meningkat akibat hujan yang mengguyur daerah setempat pada Rabu sore, sehingga mereka semua terjebak dan tidak bisa pulang.

“Dalam kejadian ini kami melaksanakan fungsi koordinasi dengan Basarnas serta instansi terkait lain untuk melaksanakan evakuasi,” jelasnya.

Barlius memaparkan selain anak-anak yang terjebak, pihaknya juga tengah membagi fokus untuk penanganan longsor di kawasan Lubuak Paraku, Lubuk Kilangan yang dilaporkan terjadi pada Rabu (29/9) malam. (Arief)