Batang Gumanti Meluap, Sejumlah Rumah Warga Terendam

Ilustrasi (bayu)

AROSUKA – Tingginya curah hujan sepanjang hari Kamis ( 11/10), telah memicu meluapnya ruas Batang Gumanti yang mengalir di Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok. Akibat luapan Sungai tersebut , belasan rumah warga yang berada di bantaran Batang Gumanti terendam air.

Wali nagari Talang Babungo Zulfitriadi yang dihubungi Jumat (12/10), menyebutkan air mulai naik dan merendam perkampungan sejak pukul 23.00 WIB malam. Belasan rumah warga di kawasan itu direndam air dan merusak sejumlah perabot rumah tangga.

Tidak ada korban jiwa akibat musibah banjir ini. Namun tiga rumah warga yang direndan banjir, penghuninya harus dipindahkan sementara di rumah tetangga. “Dampak banjir batang Gumanti juga merendam peralatan rumah tangga pada tiga rumah tersebut,” kata Zulfitriadi.

Kecuali berupaya mengingatkan penduduk di aliran batang Gunanti agar tetap waspda, ia mengeluhkan kondisi tebing sungai di sejumlah titik. Pihaknya berharap pemerintah agar memprogramkan pemasangan batu beronjong pada lokasi yang rawan abrasi sungai.

Zulfitriadi mengaku banyak tebing sungai Batang Gumanti yang rawan akibat banjir. Ketika musim hujan, kecenderungan air cepat naik berdampak pada dinding sungai. Kondisi itu, menurutnya, sangat meresahkan warga sekitar. Apalagi, jika banjir terjadi pada malam hari, sehingga mengganggu kenyamanan warga. (rusmel)

Loading...