oleh

Batik Tulis Salingka Tabek Go Internasional

SOLOK – Batik tulis Salingka Tabek, Sawah Parik Jorong Bawah Duku, Nagari Koto Baru mulai go internasional. Minggu pertama Mei 2019 ini, sudah dua kali tamu mancanegara hadir di Batik Tulis, Kecamatan Kubung, Kabupeten Solok ini.

“Alhamdulillah, tamu dari Malaysia baru saja berkunjung ke sini, Senin (6/5),” ujar anak muda kreatif Yusrizal dan Iswara, pengelola batik ini.

Usaha batik yang dikembangkan secara otodidak ini, makin dikenal, baik di daerah maupun secara Nasional. Hal ini karena Batik Salibgka Tabek ini ikut dalam beberapa pameran, baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Kali ini usaha Batik Tulis SalingkaTabek dikunjungi tamu dari Malaysia bersama Rizky Travel Bandung,” ujar Yusrizal.

Tamu dari Malaysia ini, Aisyah dan keluarga menyaksikan proses pembuatan batik tulis ini. Ia mendapatkan penjelasan tentang motif-motif yang dihasilkan Salingka Tabek serta maknya.

“Keluarga Nur Aisya Kamal yang beralamat di Taman Sri Gombak Selangor Malaysia ini terpukau dengan suasana workshop Batik Tulis Salingka Tabek yang berada di alam dengan pemandangan yang hijau,” jelas Yusrizal bahagia.

Suasana alami dan kolam ikan di sekitarnya kian membuat kagum Nur Aisyah akan karya Yusrizal bersama para pengrajin yang dibinanya.

Sebelumnya, jelas Yusrizal, pada Sabtu (4/5) juga berkunjung 3 orang tamu dari Malaysia. Kunjungan ini juga juga dipabdu oleh Rizky Travel.

“Tamu dari Malaysia ini mengambil beberapa stel batik buatan Salingka Tabek,” jelas Yusrizal.

Pmpinan Rizky Travel yang berpusat di kota Bandung Jasril alias Pak Ujang mengatakan, bahwa sekarang tamu Malaysia mulai beralih dari sulaman ke Batik, ini kesempatan untuk batik tulis Salingka Tabek mengembangkan produknya. Apalagi motif-motifnya membawa nama daerah, sebuah nilai tambah bagi wisatawan.

“Rizky Tavel siap melayani pesanan pengiriman batik Khas Solok ini,” ujar Jasril.

Usaha travel yang dikelolanya banyak melayani tamu di Yogyakarta, Solo, Bali, Jakarta, Sumbar dan Sumut, serta tamu mancanegara untuk berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia.

“Usaha Batik Tulis Salingka Tabek diharapkan mampu mengangkat nama Kabupaten Solok lewat kreativitas para pembatik,” harap Jasril.

Adapun motif yang dikembangkan Batik Tulis Salingka Tabek antara lain Asok Jaramo, Bungo Sikajuk, Buruang Pipik Makan Padi. Masajik tuo. Kacang Tanah Basalewa Adaik, Malambuk Padi, Ramo2 kapujan, Pesona Alam Koto Baru dan motif lainnya. (waitlem)

 

Loading...

Berita Terkait