Tak Berkategori  

Bawaslu Temukan Indikasi Mobilisasi PNS untuk Pilkada

Bawaslu (net)
Bawaslu (net)

PADANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI banyak menemukan adanya indikasi mobilisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di beberapa daerah di Indonesia, yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015.

“Ada kelompok-kelompok tertentu yang berada dalam pemerintahan untuk memanfaatkan program pemerintah untuk mendukung pasangan calon peserta pilkada serentak,” kata Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah di Padang, Senin (14/9).

Kelompok tersebut didesain untuk bisa memanfaatkan beberapa program pemerintah yang seharusnya ditujukan untuk masyarakat, namun hal itu juga dimanfaatkan juga untuk meraih dukungan suara.

Namun demikian semua temuan indikasi tersebut sudah disampaikan oleh pihaknya kepada Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Komisi Aparatur negara mempunyai kewenangan dari sisi pengawasan etika aparatur negara, maka dokumen-dokumen tersebut juga akan kami serahkan semuanya ke ASN,” ungkapnya.

Temuan adanya pemanfaatan program atau kegiatan milik pemerintah daerah atau program milik pemerintah pusat misalnya, program dana desa.

“Dikhawatirkan dana tersebut dimanfaatkan oleh kepala pemerintah daerah setempat, karena pihaknya memukan lamanya didiamkan anggaran tersebut dan tidak segera dicairkan,” katanya.(*/aci)

sumber:antara