Tak Berkategori  

BCA Incar Satu Bank Lagi untuk Diakuisisi

Ilustrasi (net)

JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) tengah mengincar satu bank lagi untuk diakuisisi. Rencana akuisisi ini bahkan sudah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham.

Direktur BCA Rudy Susanto mengatakan, pihaknya memang menargetkan akuisisi dua bank. Namun untuk saat ini pihakya masih fokus untuk mengakuisisi satu bank terlebih dahulu yakni PT Bank Royal Indonesia.

Menurut Rudy, secara keseluruhan pihaknya membutuhkan akuisisi dua bank untuk tetap menjalankan Rencana Bisnis Bank (RBB). Sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kata dia, agar penguasaan saham mayoritas bisa dilakukan akuisisi dua perusahaan menjadi keharusan.

Meskipun begitu, akuisisi ini masih sebatas planning. Bahkan pihaknya belum resmi melakukan penjajakan terkait akuisisi tersebut. “Kami masukan dua agar bisa miliki mayoritas dan RBB kami ikuti. Kami cari bank lain yang kecil untuk di-match ke Bank Royal,” ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu (21/8).

Rudy memastikan, hasil akuisisi keseluruhan akan menjadi anak usaha BCA di bidang keuangan digital. Perusahaan berkode emiten BBCA ini juga memproyeksikan pengembangan lini bisnis baru seperti penyaluran kredit ke usaha kecil menengah (UKM). “Kami pikir nanti akan fokus pada virtual bank only. Kami tetap cari (akuisisi bank) dengan size tepat dan harga yang pas,” jelasnya dikutip dari okezone. (aci)