Tak Berkategori  

Begini Cara Menjadi Cerdas di Era Digital

Literasi Digital 2021.(ist)

SIJUNJUNG – Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera.

Kali ini webinar dengan temah besar Menjadi Cerdas di Era Digital itu mampir di Kabupaten Sijunjung, Kamis 25 November 2021 bersama para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.

Di era millennial seperti saat ini penggunaan media digital semakin besar, kalangan pelajar dan guru merupakan pengguna aktif. Pentingnya program pembelajaran kompetensi literasi digital dikalangan guru dan pelajar yang memberikan dampak positif bagi pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan media digital khususnya untuk media pendidikan, menurut Drs. Adrial Kepala Cabang DinasPendidikan Wil V Prov Sumbar.

Sementara itu, Caesar Demas Edwinarta, S.IP., M.IP. memaparkan revolusi industri 4.0 merupakan istilah tingkatan perkembangan industri dunia yang berfokus pada pengembangan teknologi digital. Dalam sejarahnya, telah terjadi 4 kali revolusi industri yang membawa dampak signifikan terhadap kehidupan sosial masyarakat.

Dr. Zefnihan, AP, MSi mengatakan tulislah hal-hal baik, memotivasi kebaikan, menebar energi positif dan menjadi ispirasi kehidupan agar makin banyak orang yang mendapat hikmah dan manfaat. Zul Ichwan SY, S.Kom Direktur Lembaga Pendidikan Terapan (LPT) Panghegar-Bandung menjelaskan penjahat dunia maya ada di luar sana dan akan melakukan apa saja untuk menghasilkan uang dan mencari informasi.

Saat ini kita terhubung di internet, konsekuensinya kita membuka diri terhadap lebih banyak jenis kejahatan dunia maya, maka dari itu pentingnya menjaga privasi.

Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Inta Oceania sebagai Presenter dan Musician yang memberikan sharing session, menjadi cerdas di era digital, kemajuan teknologi ini di harapkan mampu di manfaatkan dengan baik agar dapat memajukan kota dan meningkatkan kualitas diri masyarakat.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)