Tak Berkategori  

Begini Cara Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital

Literasi Digital 2021.(ist)

PASBAR – Webinar Indonesia Makin Cakap Digital yang digagas Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika kembali digelar di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Webinar yang dimulai pukul 13.30 WIB itu membahas tentang Menjaga dan Mendidik Anak di Era Digital bersama para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Webinar ini bertujuan dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024.

Selama masa pandemi covid 19 kegiatan dilaksanakan dengan platform daring, mulai dari belajar, mengobrol dengan temen hingga kegiatan ekstrakurikuler. Bagi anak dan remaja, berhubungan dengan lingkungan sosialnya sangat penting untuk mengurangi dampak rutinitas baru agar mereka tetap bersemangat. Karena itu bagaimana kita memaksimalkan kegunaan internet sekaligus kita meminimalkan potensi dampak negatifnya. Peran orang tua dalam menjaga anak diantaranya, berkomunikasi dengan terbuka, manfaatkan fitur perlindungan teknologi, temani anak saat mengakses internet, ajarkan anak untuk tetap berperilaku baik didunia maya, berikan anak ruang untuk berkreasi atau mengekspresikan diri, dan dorong anak untuk melapor jika melihat atau mengalami masalah di dunia maya, menurut DR.H. Mansyur Achmad KM., M.Si sebagai Dosen IPDN – Kemendagri Jakarta.

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan peserta didik memiliki literasi teknologi antara lain, belajar mandiri dari internet, mendalami materi sesuai dengan bidangnya dari internet, dan menciptakan atau berkreasi dalam bentuk teori, ide, produk, layanan, dan lain-lain, menurut, Harmen Harianto, S.Ag sebagai Kepala MAN 4 Pasaman Barat. Key Opinion Leader oleh Inta Oceania sebagai Presenter menambahkan, peran orang tua di era digital sangat penting untuk perkembangan anak. Terlebih lagi di masa pandemi yang segala sesuatunya beralih menggunakan gadget. Kita harus lebih ekstra dalam mengawasi anak dalam penggunaan gadget. Karena banyak sekali konten negatif di dalam internet dan jangan membiarkan anak untuk mengaksesnya.

Sebelumnya, dalam pembukaan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung itu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

“Ada 4 kerangka digital yang penting dimiliki yaitu Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital,” ungkapnya.

Hadir juga sebagai Keynote Speaker, Gubernur Provinsi Sumatera Barat yaitu, Ir. H. Mahyeldi Ansharullah, S.P mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.(rilis)