padang  

Belum Dilantik KNPI Padang sudah Beriak, AMM Tarik Dukungan dari Muhammad Rayhan

Ketua PDPM Kota Padang, Sintaro Abe.Ist

PADANG – Belum dilantik, sudah ada riak dalam pembentuk kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang. Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Padang menarik dukungan pada Muhammad Rayhan sebagai Ketua KNPI Kota Padang terpilih.

Dengan pernyataan itu, maka tidak akan ada AMM dalam kepengurusan KNPI Kota Padang. AMM juga tidak akan mengajukan nama-nama tertentu masuk dalam kepengurusan tersebut.

“Kami tegaskan, AMM tidak lagi mendukung Muhammad Rayhan beserta kepengurusannya dalam KNPI Kota Padang. Langkah ini guna meciptakan roda organisasi yang efektif dalam kepengurusan KNPI Kota Padang nantinya,”sebut Ketua Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Padang, Sintaro Abe Selasa (18/1/2023) di Padang.

Diungkapkannya, pada musyawarah daerah (Musda) KNPI Kota Padang yang dilangsungkan pada 1 November 2022 lalu, AMM adalah pendukung Muhammad Rayhan. AMM juga mengantarkannya aklamasi terpilih menjadi ketua KNPI Kota Padang.

“Kita bisa jelaskan, ini bukan persoalan kepentingan. Tapi kita ingin menciptakan KNPI Kota Padang yang efektif dengan program kerjanya ke depan. Dengan kita berada diluar kita bisa objektif menilai kinerja KNPI Kota Padang nantinya,”ulasnya.

Dijelaskannya, ke depan AAM akan aktif untuk mengawal program kerja KNPI Kota Padang. Terutama dengan jalannya organisasi itu nantinya.

Menurutnya, KNPI Kota Padang bukanlah organisasi kecil lagi, tapi menjadi wadah organisasi kepemudaan di Kota Padang. Dengan itu besar harapan agar KNPI nanti benar-benar terlihat kiprahnya dalam membangkitkan semangat generasi muda dalam pembangunan.

Dia tidak ingin nantinya KNPI hanya menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda minim ide. Namun, bisa melahirkan gagasan-gagasan yang membangun.

“Karena alasan itulah, kita memilih untuk menjadi penyeimbang di luar,”tambahnya.

Diakuinya, AMM sudah membuktikan posisinya untuk menciptakan kondusifitas dalam KNPI, maka ikut mendukung Muhammad Rayhan sehingga aklamasi. Kondisi itu menurutnya suatu kemajuan dalam pemilihan Ketua KNPI Kota Padang tanpa gaduh.

Diketahui, Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) merupakan gabungan dari 4 organisasi independen yaitu Pemuda Muhammadiyah (PM) dan Nasyiatul Aisyiyah (Nasyiah), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Muhammad Rayhan terpilih secara pada Musda KNPI Kota Padang pada November 2022. Namun, hingga kini kepengurusan KNPI Kota Padang tersebut belum juga terbentuk.

“Kita bukan berharap KNPI Kota Padang tidak sukses, justru sebaliknya. Kita ingin KNPI Kota Padang benar-benar dirasakan kehadirannya di masyarakat nanti. Jangan setelah dilantik, namun tidak jelas kerjanya,”pungkasnya.(yose)