Opini

Berasa ‘Offroad’ di Jalan Solok – Solok Selatan

×

Berasa ‘Offroad’ di Jalan Solok – Solok Selatan

Sebarkan artikel ini
Jalan rusak parah di daerah Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. (rin)

Melewati jalur Lubuk Selasih – Surian, tepatnya di sekitar daerah Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, beberapa hari lalu, saya nyaris tak percaya melihat kondisi jalan yang begitu parah. Lubang dalam dimana-mana, baik bagian kiri maupun kanan sehingga pengendara dari arah Padang dan sebaliknya tak bisa menghindar. Ditambah kondisi hujan saat itu membuat tanah berlumpur serta lubang yang tertutup air berwarna keruh, tak ubahnya seperti jalan desa yang ditempuh petani menuju ladang.

Menempuh jalur menuju daerah wisata Saribu Gadang Solok Selatan itu, sejujurnya saya merasa deg-degan seperti sedang ‘offroad’. Was-was apakah jalan yang ditempuh benar, dan ternyata memang benar. Jalur itu memang jalan utama yang dilewati bus pariwisata, bus angkutan umum dan mobil pribadi menuju Surian, Muaro Labuah, dan Solok Selatan yang sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata.

Pada beberapa titik – saya menghitungnya ada lima – badan jalan yang amblas sehingga kondisinya bisa lebih parah lagi ke depan. Di beberapa tempat, anak-anak memegang baskom, meminta sumbangan.

Pada beberapa titik juga, terlihat air berwarna keruh yang mengalir langsung dari bukit dan sawah masyarakat. Ada juga onggokan pasir gunung di pinggir jalan. Sementara, pada sebagian besar, tak nampak drainase atau saluran air di pinggir jalan. Sebagian memiliki drainase, tapi terputus di tengah jalan alias tidak lancar.

Saat balik ke arah Padang di hari yang sama, saya mencoba menghitung panjang jalan yang rusak menggunakan aplikasi google map. Setidaknya, ada sekitar 5 kilometer atau lebih jalan rusak yang harus ditempuh pengendara. Sungguh waktu yang tidak sebentar untuk ‘dinikmati’ dalam perjalanan.

Opini

  Hari ini, Semen Padang FC akan menjalankan…

Opini

Oleh Eriandi Kasus perundungan atau bullying kembali terjadi…