Tak Berkategori  

Berburu Immunitas di Markas Artis Lagendaris

Catatan Ilham Bintang

DALAM tulisan “Alangkah Lucunya Negeri Ini” —beredar kemarin (Cnr.com, Kumparan, SMOL, Singgalang.co.id) saya sedikit mengulas isi WAG para artis lagendaris Indonesia. WAG berjudul “C-Nior itu dibuat beberapa bulan lalu, sebelum wabah corona masuk Indonesia. Sudah sempat copy darat beberapa kali, terakhir 7 Maret di resto “ Kana-Kana” milik Leroy Oesmani di Kebayoran Baru. Di situlah lahir pertama kali julukan “Mr Share-Loc” untuk Deddy Mizwar. Duduk perkaranya : artis serba bisa ini ditunggu sampai bubar acara, tak jua muncul waktu itu. Padahal, seperti sudah diceritakan sebelumnya, pemeran Naga Bonar ini justru paling sering minta share loc tempat acara. Kepada seluruh teman teman. Widyawati hari itu juga langsung memberinya julukan “ Mr Share- Loc “ yang melekat sampai sekarang.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat itu memang serba sibuk. Masih menyelesaikan syuting untuk program sinetron di SCTV. Aktor yang memulai debut dari teater ini menggeluti banyak bidang kesenian, menulis puisi, skenario, produser, dan banyak lagi. Mungkin hanya menari yang tidak dilakoni. Ini di luar aktifitas politik yang pernah mengantarnya menjadi orang nomor 2 di Jawa Barat.

Mamah Dedeh
Virus corona kemudian merebak di Tanah Air. Tapi WAG C-Nior tidak bubar. Malah makin solid. Mungkin huruf “C” yang dipakai untuk nama “C-Nior” punya makna vitamin C— vitamin menambah penambah stamina. Memang itu salah satu vitamin yang dianjurkan dokter dikonsumsi untuk melawan virus corona.

Markasnya C-Nior buka 24 jam. Markas yang dimaksud di sini, secara virtual.
Ini serius. Deddy bisa siaga sampai jam 2 malam tang ting tung nge chat. Tidak lama kemudian dia tidur. Muncul Ninik Karim, Oma WAG. Artis ini rajin bangun tengah malam untuk Salat Tahajjud. Peraih Piala Citra FFI itu juga tak lupa mengajak member sekalian untuk salat tengah malam. Ada yang memberinya julukan “Mamah Dede” nya WAG.

Penghuni C-Nior, selain nama yang sudah disebut, ada mantan Gubernur Banten, Rano Karno yang kini anggota DPR-RI dan Anggota DPR-RI Nurul Arifin dari Fraksi Golkar. Lainnya, Roy Marten, Marini, Camelia Malik, Paramhita, Lenny Marlina, Lidya Kandou, Yenny Rahman, Yessy Gusman, Cok Simbara, August Melasz, Widyawati, Eva Arnaz, El Manik, Debbie Chintya Dewi, Leroy Oesmani, Zairin Zein, Nugraha, Leyly Sagita, Connie Suteja, Wieke Widowati, Hengky Tornando, Ucy, Bing Slamet, Baby Zelvia, Wieke Widowaty, Henky Solaeman, Harry Capry, Dwi Yan, Alicia Johar, Ninik L Karim, Tetty Liz Indrawaty, Boy Tirayoh, Yatie Octavia, Rico Tampatty, Patamitha Rusyadi, Pangky Suwito, Shirley Malinton, dan lain-lain.

Paling Lucu
Tadi siang, setelah berkeliling buka seluruh WAG, saya coba mampir di markas para artis lagendaris itu. WAG paling lucu se Indonesia. Biasa, untuk berburu immunitas tubuh untuk hari ini.

WAG artis ini seperti candu. Punya daya tarik luar biasa. Bisa bikin sakit perut dikocok oleh komen-komen yang merangsang tumbuh antibody karena lucunya. Ada anggota mengaku bisa ketawa guling-guling sambil membaca komentar lucu. Pakar urusan ini saya catat: Deddy Mizwar, Leroy, Cok Simbara. Tiga serangkai. Pemeran pembantunya, yang bertugas sebagai pengumpan: Zairin Zain, Yessy Gusman, Baby Zelvya, Roy Marten, Rico Tampatty, Nurul Arifin, Dwi Yan, Rano Karno, Iyut Bing Slamet. Boleh diusulkan setelah corona reda bagus kalau mereka bikin group stand up comedy.

Ninja Parung
Jangan mengira cuma melucu aktivitas mereka. Sambil melucu aktifitas kreatif jalan terus. Membuat berbagai poster digital untuk sosialisasi protokol kesehatan untuk diikuti masyarakat. Tayangnya di media sosial : FB, IG, dan lain- lain. Mereka aktif ingatkan warga tinggal di rumah, selalu jaga jarak, sering cuci tangan, dan sosialisasi wajib masker.

Hari ini mereka deadline, sebelum PSBB berlaku besok di Jakarta, malam ini pekerjaan sudah harus rampung. Yang mengomandani urusan desain kreatif, produksi, hingga distribusi Zairin Zain dan Rico Tampatty. Tadi siang saya ikuti Rico menyampaikan berbagai arahan. Rico tidak mau gunakan foto lama, dia minta yang baru. Deadline siang jam 15.00. Sempat bikin panik beberapa anggota. Satu-dua anggota menampilkan foto diri mereka di WAG untuk diseleksi. Sebenarnya, tidak ada ketentuan itu. Tapi ada saja anggota yang mau memastikan apakah foto sesuai kriteria bagian poster digital.
Ting! (begitu selalu bunyi di ponsel saya tiap ada posting baru). Siapa gerangan? Muncul foto Ahmad Nugraha, menggunakan masker dan topi hitam.
“Lha, ini kok kayak Ninja Parung.” Yang merespon ini Rano Karno. Sontak markas geger. “ Kejam sekali, “ sambar Leroy. Maaf, saya pun tak kuat menahan tawa sampai keluar air mata.
Andai ada parameter untuk mengukur, saya yakin lelucon tadi termasuk grade tinggi yang menambah tabungan antibody. Nugraha, aktor senior, dewasa dan bijak. Dia pun tertawa merespon itu. Nugraha ini aktor teater dan film lagendaris. Suaranya punya andil besar dan penting dalam dunia film Indonesia. Dia dubber, pengisi suara banyak aktor beken kita. Salah satunya Roy Marten.

Member baru: Shirley Malinton
Setiap hari WAG C-Nior bertambah member. Namun, member tidak begitu saja diterima. Ada syaratnya atau SOP nya. Pertama, ada satu yang mengusulkan, bisa diterima kalau direkomendasi setidaknya 5 member lain. Kriteria penting lainnya, tidak boleh baper, tidak gampang tersinggung.

“Setiap hari 5 – 6 artis yang minta masuk, tapi tidak semua bisa diterima, “cerita Zairin. Siang tadi saya catat yang diluluskan masuk Shirley Malinton. Ini artis lama yang tidak beraktifitas lagi di dunia kesenian. Dia dua puluh lima tahun berkarir di dunia diplomat, belasan tahun ditempatkan di pos penting: Amerika. Posisi terakhir, Konsul Ekonomi di KJRI Houston, Amerika Serikat. “Aku sudah ambil pensiun dini karena aku sudah menikah dengan warga Amerika dan menetap di AS. Semua anakku (5) juga menetap di AS dan tinggal di lima negara bagian yang berbeda,” ceritanya.

Artis serba bisa ini sekarang tinggal di Tennessee sejak akhir November tahun lalu. Generasi sekarang mungkin banyak yang tidak tahu pada zamannya, Shirley juga artis tenar serba bisa. Menyanyi, main film, dan wartawan. Dan, itu dilakoni sejak masih bocah. Saat masih bocah bisa mewancarai banyak pejabat, termasuk Wakil Presiden Adam Malik. Mungkin setelah bertemu Adam Malik yang dikenal sebagai diplomat ulung Indonesia, menginspirasi Shirley putar haluan dari dunia artis menjadi diplomat.