oleh

Berdayakan Desa, Beli Hewan Kurban Langsung Peternak 

JAKARTA – Kurban Berdayakan Desa akan menjadi penggerak roda perekonomian pedesaan. Hewan kurban yang akan dibeli langsung dari desa. Hal ini akan menggerakan pertumbuhan perekonomian warga di desa.

Kepala Program Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) Baznas Ajat Sudarjat dalam dialog publik tetang ‘Kurban Berdayakan Desa’ di Jakarta Kamis (11/7) menjelaskan, Hewan kurban yang dibeli akan menambah penghasilan dan memberikan kesejahteraan masyarakat pedesaan.

Kurban berdayakan desa, lembaga Baznas melayani masyarakat Indonesia tidak hanya sekedar beribadah, namun untuk dapat meningkatkan pemerdayakan ekonomi warga desa, jelasnya.

Melalui Kurban Berdayakan Desa, hewan ternak dibeli langsung dari peternak binaan Baznas di desa, disembelih dan didistribusikan di desa supaya peternak semakin sejahtera. Masyarakat desa yang menerima daging kurban juga dapat merasakan banyak manfaatnya.

“Ketika kurban dilakukan di desa, peternak warga desa akan ikut berkembang. Seperti di Balai Ternak binaan Baznas di Tanah Datar, Sumatera Barat, usaha peternakan warga mengundang munculnya usaha pabrik pakan ternak dan budidaya tanaman hias,” kata M. Indra Hadi Ketua Kurban Baznas.

Dengan meningkatnya perekonomian, kualitas pendidikan warga desa juga meningkat. Mereka dapat memiliki tabungan untuk menyekolahkan anak-anaknya. Dari sisi kesehatan, daging kurban yang disembelih dan disalurkan di desa membantu masyarkat tetap sehat dan mencegah ancaman gizi buruk.

Baznas juga menyediakan program nabung berkurban, saat ini telah bekerjasama dengan Bank Muamalat. Bagi masyarakat yang penghasilannya minim dan ingin melakukan ibadah kurban dapat melakukan melalui bank tersebut dengan cara menabung. (smn)

 

Berita Terkait