Hari Ini Padang Peringati HUT ke-346

×

Hari Ini Padang Peringati HUT ke-346

Bagikan berita
Hari Ini Padang Peringati HUT ke-346
Hari Ini Padang Peringati HUT ke-346

 PADANG - Hari ini, Jumat (7/8), Padang memperingati ulang tahun ke-346. Peringatan hari jadi kota ini dilakukan dalam rapat paripurna istimewa DPRD Padang dipimpin Ketua DPRD Erisman.

Ulang tahun Padang yang jatuh pada hari ini, seperti diramu dari berbagai sumber, bermula dari serangan orang-orang Koto Tangah dan Pauh ke benteng Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), badan dagang Belanda di Muaro Padang.Freek Colimbijn dalam buku Paco-Paco (Kota) Padang, menuliskan, 7 Agustus 1669, kekuatan Koto Tangah dan Pauh membakar benteng VOC. Peristiwa tersebut kemudian dijadikan tanggal berdirinya Padang.

Sebelumnya, Belanda sudah menjadikan Padang sebagai markas besar di pantai barat Sumatera sejak 1666, setelah sebelumnya menyingkirkan pedagang Aceh pada 1664.Namun kota yang sudah cukup matang ini masih perlu banyak pembenahan dalam segala aspek. Kota Padang yang berusia 346 tahun sekarang ini, masih banyak ketinggalan dalam pembangunan, disebabkan beberapa agenda pembangunan yang masih terkendala. (bambang)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini