Ke Dinding Langit Toba, ke Perut Sigura Gura

×

Ke Dinding Langit Toba, ke Perut Sigura Gura

Bagikan berita
Foto Ke Dinding Langit Toba, ke Perut Sigura Gura
Foto Ke Dinding Langit Toba, ke Perut Sigura Gura

Sebelum masuk perut bumi kami mendatangi bendungan Sigura  Gura yang terkenal itu. Bendungan ini menghampang aliran Batang Asahan yang berhulu di Toba. Jaraknya ke danau 23 Km. Di zamannya 1982, inilah bendungan terbesar di Indonesia, namun kini direbut bendungan PLTA Koto Panjang di Riau/Sumbar.Bandara Silangit

Apa pula ini? Lapangan terbang kecil tapi berstatus internasional. Sepanjang 2017 pesawat silih berganti mendarat, dua penerbangan dari Medan, lima kali sehari dari Jakarta. Total 7x sahari dengan penumpang (pp) sekitar 1.000 orang. Setidaknya 50 persen adalah wisatawan. Sisa yang lain?"Penduduk sini ke Jakarta lebih senang hatinya sebab lebih cepat," kata GM bandara itu, Hotasi Manalu.

Ia benar sebab di sekitarnya ada 8 kabupaten. Jika mereka naik pesawat di Medan maka harus jalan darat dulu 6 jam. Maka sejak Silangit dibuka, segalanya jadi mudah. Wisatawan mau ke Toba tak perlu ke Medan. Lama terbangnya hanya lebih cepat 10 menit jika ke Silangit, 2 jam 10 menit, tapi tersiksa 6 jam Medan -Toba siapa yang kuat?Bahkan kini ada penerbangan direct dari Malaysia dan Singapura. Itu ikut berkontribusi bagi kenaikan jumlah penumpang di semester 1/2017 mencapai 304 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu. Kebahagiaanpun terpancar di wajah Hotasi Manula.

Dan pesawat Sriwijaya Air siap terbang, suami istri nan bahagia naik. Pasangan ini hendak ke Jakarta, mungkin menemui anak dan cucunya. Sebelum duduk, berfoto dulu dengan Ustad Yusuf Mansyur yang duduk di depan saya.Pesawat menusuk langit, ustad kita ini lantas membaca Quran di telepon genggamnya. Tanpa suara. (kj)

 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini