Konsep Wakaf Uang dan Tata Caranya

×

Konsep Wakaf Uang dan Tata Caranya

Bagikan berita
Foto Konsep Wakaf Uang dan Tata Caranya
Foto Konsep Wakaf Uang dan Tata Caranya

  • Dana akan Berkembang
  • Dana yang Anda wakafkan tidak akan berkurang jumlahnya. Malah, dana tersebut bakal berkembang lewat investasi yang terjamin keamanannya. Disamping itu, dana setoran akan dikelola secara amanah, profesional, bertanggung jawab, dan transparan.

    1. Bermanfaat untuk Masyarakat

    Hasil dari investasi tunai akan berguna untuk keperluan peningkatan prasarana ibadah dan sosial. Bukan hanya itu, dana wakaf tunai juga akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar kita.

    1. Pahala di Akhirat

    Manfaat lain yang bisa Anda peroleh jika memilih wakaf uang tunai adalah bisa menjadi pahala jariah. Meskipun wakif sudah meninggal dunia, wakaf masih bisa menjadi aliran pahala di akhirat nanti.Tata Cara Wakaf Uang

    Di bawah ini merupakan tata cara melakukan wakaf dalam bentuk tunai sebagaimana dijabarkan oleh BWI.

    1. Wakif harus datang ke salah satu kantor Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) secara langsung. Sekarang ini, sudah ada 25 bank syariah yang tergabung sebagai LKS-PWU dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.
    2. Wakif akan diminta untuk mengisi Akta Ikrar Wakaf (AIW) serta melampirkan fotokopi kartu identitas diri yang masih berlaku.
    3. Selanjutnya, wakif bisa menyetorkan nominal wakaf dan secara otomatis akan masuk dalam rekening BWI.
    4. Wakif perlu mengucapkan sighat atau akad wakaf, serta menandatangani AIW bersama 2 orang saksi atau lebih dan 1 pejabat bank sebagai perwakilan Pembuat AIW.
    5. LKS-PWU kemudian akan mencetak SWU dan memberikannya kepada wakif beserta AIW yang telah disepakati.

    Editor : Eriandi
    Tag:
    Bagikan

    Berita Terkait
    Ganefri
    Terkini