Sosok Rasuna Said Jadi Google Doodle Hari Ini

×

Sosok Rasuna Said Jadi Google Doodle Hari Ini

Bagikan berita
Foto Sosok Rasuna Said Jadi Google Doodle Hari Ini
Foto Sosok Rasuna Said Jadi Google Doodle Hari Ini

PADANG - Pahlawan perempuan dari Ranah Minang, Rasuna Said dijadikan Google Doodle hari ini, Rabu 14 September 2022. Sosoknya menghiasi bagian depan halaman pencarian Google hari ini sebagai perayaan ulang tahunnya ke-112.Rangkayo Rasuna Said lahir pada 14 September 1910 di dekat Danau Maninjau di Sumatera Barat. Kiprahnya dikenal sebagai seorang yang berjuang untuk hak-hak perempuan. Rasuna yang juga dikenal sebagai Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia itu juga seorang guru dan dan jurnalis.

Rasuna muda yang cerdas pada tahun 1926 diundang untuk bergabung dengan Sarikat Rakyat , atau Gerakan Rakyat yang diikuti oleh Gerakan Islam pada tahun 1930 yang membawanya untuk menyelenggarakan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI). Di PERMI, ia kerap mengkritisi kolonialisme Belanda dan perlakuan yang tidak adil terhadap perempuan. Pada 1931, Rasuna pindah ke Padang untuk meluncurkan divisi perempuan di PERMI. Fokusnya adalah membuka sekolah sastra untuk perempuan di seluruh Sumatera Barat.Pada tahun 1932, Rasuna pernah ditangkap karena berbicara menentang kekuasaan Belanda. Saat sidangnya  di pengadilan di Payakumpuh pada tahun yang sama, ribuan orang hadir memberi dukungan.  Ia kemudian dipenjara selama dua tahun.

Selepas penjara, Rasuna memulai karier jurnalistiknya dengan menulis untuk jurnal perguruan tinggi bernama Raya. Ia juga tercatat sebagai pimpinan majalah "Menara Puteri". Selama beberapa tahun berikutnya, ia membuka beberapa sekolah untuk anak perempuan dan berbicara atas nama kelompok wanita Muslim.Dari buku Ensiklopedi Pahlawan Nasional oleh Julinar Said dan Triana Wulandari (1995), Rasuna Said ikut mendirikan organisasi "Pemuda Nippon Raya" di Padang pada masa pendudukan Jepang, tetapi dibubarkan oleh pemerintah Jepang.

Setelah Indonesia Merdeka, Rasuna Said menjadi anggota Dewan Perwakilan Sumatera mewakili Sumatera Barat. Ia kemudian menjadi anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) disamping sebagai anggota Badan Pekerja KNIP.Pada waktu Pengakuan Kedaulatan Rasuna menjadi anggota DPR Republik Indonesia Serikat. Kemudian menjadi anggota DPR Surnatera dan terakhir tahun 1959 diangkat menjadi anggota DPA.

Rasuna meninggal dunia di Jakarta setelah melawan penyakit kanker payudara pada 2 November 1965 di usianya yang ke 55 tahun. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata , Jakarta Selatan.Karena kiprah dan jasa-jasanya, pada tahun 1974, Rasuna Said diakui sebagai pahlawan nasional Indonesia dan menjadi wanita kesembilan yang menerima kehormatan tersebut.  Pengesahan Rasuna Said sebagai pahlawan nasional ditetapkan melalui Surat Keputusan Presiden RI nomor 084/TK/Tahun 1974 tanggal 13 Desember 1974. (rn/)

 

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini